INSPIRASI

‘A Journey of Thousands Miles’ Kisah Menakjubkan Perjuangan Mahasiswa

Sabtu | 12 Mei 2018 | 10:36

MEDIAKEPRI.CO.ID – Sebanyak 22 mahasiswa dan almnus UIN Jakarta mengisahkan pengalaman hidup mereka melalui sebuah buku antologi kisah perjalanan berjudul A Journey of Thousands Miles. Kisah itu diangkat dari perjalanan mereka selama melancong ke luar negeri.

Beragam kisah inpsiratif dituangkan dalam buku yang diterbitkan oleh penerbit Dapur Bukumu tahun 2017 tersebut. Mereka tak hanya berkisah tentang pengalaman, misalnya, sebagai presenter dan pemakalah seminar tetapi juga magang di kantor-kantor kedutaan besar Indonesia di luar negeri serta sebagai duta wisata dan program pertukaran mahasiswa (student exchange).

Menurut Koordinator Penulis, Gita Andini, proyek penulisan buku berawal dari banyaknya mahasiswa UIN Jakarta yang berprestasi di dunia internasional. Para mahasiswa tersebut diminta untuk menuliskan kisah inspiratif perjalanan mereka dalam beberapa tulisan essay pendek. Tujuan dari penulisan kisah perjalanan tersebut, kata Gita, tak lain sebagai motivasi bagi mahasiswa lain agar terus berprestasi di kancah internasional.

“Proyek penulisan kisah-kisah inspiratif pengalaman mahasiswa UIN Jakarta di luar negeri dalam bentuk buku tersebut tak hanya sekali ini saja melainkan akan terus kami lakukan,” jelas alumnus Jurusan Manajeman Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Jakarta itu di Gedung Rektorat UIN.

Gita sendiri merupakan salah satu penulis yang pada saat menjadi mahasiswi telah banyak melakukan perjalanan ke luar negeri. Kisah-kisah pribadi yang dituangkannya dalam buku tersebut di antaranya pernah sebagai delegasi Indonesia pada event Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philipina East Asia Growt Area (BIMP EAGA), delegasi pada acara World Conference on Disaster Risk Reduction yang digelar Perserikatan Bangsa- Bangsa di Jepang, sebagai pemakalah pada International Student Congress di Turki, dan sebagai delegasi Bootcamp Starup di MaGIC, Malaysia.

Berbagai prestasi internasional para mahasiswa dan alumni tersebut kemudian memperoleh penghargaan dalam Student Achievement Award (SAA) 2017 yang digelar Bagian Kemahasiswaan UIN Jakarta pada 20 Desember 2017 lalu. (***)

Editor :