KULINER

Saat Sahur, Hindari Minuman Ini Agar Tak Gampang Haus

Senin | 21 Mei 2018 | 8:36

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ketika berpuasa tubuh lebih gampang haus dibandingkan lapar. Rasa haus bisa timbul dari jenis minuman yang kita minum ketika sahur.

Tubuh manusia terdiri dari 60-70% kandungan air, sehingga ketika berpuasa tubuh akan kekurangan pasokan cairan. Karene itu perlu lebih cermat memilih minuman ketika sahur.

Agar tak gampang haus, sebaiknya hindari minuman-minuman di bawah ini.

1. Kopi

Bagi penggemar kopi, mungkin banyak yang menikmati kopinya ketika sahur. Padahal kopi justru membuat Anda merasa lebih cepat haus. Ini karena kandungan kafein menyebabkan hilangnya cairan air, sehingga meningkatkan rasa haus di tenggorokan. Selain itu kopi juga membuat Anda lebih sering buang air kecil.

2. Teh

Teh manis hangat memang jadi minuman yang selalu ada ketika sahur maupun berbuka puasa. Padahal teh juga mengandung kafein, apalagi ditambah dengan kandungan gula yang turut menyerap pasokan air dalam tubuh dan membuat Anda merasa lebih haus dan lapar ketika berpuasa.

3. Minuman bersoda

Ketika sahur selalu hindari minuman bersoda. Karena mengonsumsi minuman bersoda terlalu sering dapat menyebabkan masalah pencernaan, serta menimbulkan rasa kenyang yang tidak enak. Tentunya hal ini membuat perut Anda kembung, dan menurunnya kesehatan sistem pencernaan.

4. Jangan terlalu banyak minum

Meski mengonsumsi banyak air putih sangat dianjurkan ketika berpuasa, untuk menghindari tubuh dari dehidrasi. Namun, mengonsumsi terlalu banyak air putih ketika sahur juga tidak baik. Hal ini justru memicu asam lambung, menyebabkan kembung, hingga gangguan pencernaan.

5. Jus buah

Jus buah memang menyehatkan juga menyegarkan. Namun mengonsumsi jus buah ketika sahur, akan memancing rasa haus lebih hebat. Ini karena kebanyakan jus buah dibuat dengan tambahan gula serta susu kental manis. Terutama jus buah kemasan yang memiliki kadar gula tinggi. Lebih baik menyantap buah dalam bentuk utuh, seperti pisang, strawberry, atau kurma yang dapat memberi merasa kenyang lebih lama. (***)

sumber: detik.com

Editor :