TIPS SEHAT

Makan Kolang Kaling Terlalu Banyak Adakah Efek Sampingnya?

Jumat | 25 Mei 2018 | 14:55

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Segala yang berlebihan tentu tidak baik. Demikian juga kolang kaling, meski banyak yang meyakini makanan khas ramadan ini punya khasiat meredakan nyeri sendi.

“Tidak boleh kebanyakan, nanti kenyang, hehehe,” kata dr Siti Annisa Nuhonni, SpKFR, pakar nyeri sendi dari RS Siloam Kebon Jeruk, dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

Selain risiko kekenyangan, relatif tidak ada efek yang mengkhawatirkan dari asupan kolang-kaling terlalu banyak. Namun tidak berarti juga akan memberikan khasiat yang luar biasa. Meski keluhan nyeri sendi mereda pada beberapa orang setelah makan kolang kaling, efek tersebut belum terbukti secara ilmiah.

Mereka yang meyakini kolang kaling bagus untuk sendi umumnya percaya juga pada kandungan glukosamin. Padahal menurut dokter ortopedi, glukosamin tidak mengatasi pengapuran sendi yang sering menjadi penyebab nyeri sendi.

“Glukosamin kondroitin itu memang (salah satu) struktur dari tulang rawan. Tapi tidak memperbaiki pengapuran sendi,” kata dr Franky Hartono, SpOT(K).

Namun efek meredakan nyeri pada beberapa pasien yang mengonsumsi glukosamin, menurut dr Nuhonni bukan sekadar efek plasebo. Glukosamin, menurutnya sama seperti efek suplemen lainnya. “Ya seperti kolang kaling lah, boleh dimakan,” kata dr Nuhonni. (***)

sumber: detik.com

Editor :