RILIS

Posisi di Cross Border, GenPI Batam Bisa ‘Berlari’ Kencang dan Giat Promosikan Pariwisata Batam, Kepri, dan Indonesia

Rabu | 30 Mei 2018 | 22:56

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Akhirnya Generasi Pesona Indonesia (GenPI) Batam akhirnya resmi dikukuhkan, Selasa, 29 Mei 2018. Pengukuhan di Pasar Mangrove, Kampung Wisata Terih Nongsa, disejalankan dengan acara buka puasa bersama.

Koordintor GenPI Kepri, Nunung Sulistiyanto yang mengukuhkan para pengurus disaksikan sejumlah pengurus GenPI Kepri. Meski berlangsung sederhana, tetapi penuh semangat dan keseruan. Acara dimulai dengan buka puasa bersama yang dihadiri anggota GenPI Batam, pengurus GenPI Kepri, Komunitas Pari Batam, Paguyuban Sugeng, dan masyarakat setempat. Setelah salat Isya barulah pengukuhan dilakukan.

Nunung Sulistiyanto menekankan kepada pengurus GenPI Batam agar bisa ‘berlari’ kencang dan giat mempromosikan pariwisata Batam, Kepri, dan Indonesia. Sebab posisinya di cross border.

Ketua GenPI Kepri juga mengingatkan supaya rencana pasar di Batam segera digarap untuk mewujudkan 100 destinasi digital Kementerian Pariwisata tahun ini.

“Kepri ditargetkan memiliki empat pasar atau destinasi digital. Kita (Genpi Kepri) baru punya satu, dan Bintan akan menyusul. Genpi Batam juga diharapkan segera mewujudkan pasar,” kata Nunung.

Ketua GenPI Batam Lezar Penggalih menyebutkan GenPI Batam memang sudah terbentuk sejak tahun lalu. Tepatnya saat deklarasi 25 OKtober 2017. Sampai saat ini anggotanya baru 37 orang. Karena itu, ia akan segera merekrut anggota lebih banyak untuk menjawab tantangan dari Ketua Genpi Kepri.

“Kita akan bikin program GenPI Goes to School dan Goes to Campus. Kemudian melakukan pelatihan untuk para anggota, terutama untuk cara membuat artikel, membuat draft twitter,” jelasnya usai konsolidasi dengan pengurus GenPI Batam.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Buralimar, menyambut gembira pengukuhan GenPI Batam. Buralimar berharap GenPI Batam lebih aktif dan giat memajukan pariwisata Batam dan Kepri.”Selamat atas pengukuhan Genpi Batam. Sukses dan berkarya setiap saat mengembangkan dan memajukan dunia pariwisata Batam dan Kepri,” ucap Buralimar.

Begitu pula sambutan dan harapan dari Kepala Dinas Pariwisata Batam, Pebrialin. Harapannya, pariwisata Batam
menggeliat lagi. “Selamat ya atas pengukuhan Ketua Lezar Penggalih dan jajaran pengurus Genpi Batam yang telah
dikukuhkan oleh Ketua Genpi Provinsi Kepri. Semoga sukses dalam menjalankan tugas memajukan pariwisata Batam lebih menggeliat lagi,” katanya.

Batam memang salah satu menjadi lokasi wisata cross border yang diunggulkan oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Lokasinya yang berbatasan dengan Malaysia dan Singapura menjadi penarik bagi wisatawan mancanegara untuk datang berkunjung. Selama beberapa tahun, Batam menjadi penyumbang nomor tiga jumlah kunjungan wisman di Indonesia. (***)

Editor :