mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

PENDIDIKAN KESEHATAN

Info! Selain Kopi, Ini Jenis Minuman yang Paling Cepat Merusak Gigi

| Minggu | 13 Mei 2018 | 16:00 | Tidak ada komentar

MEDIAKEPRI.CO.,ID, Jakarta – Ternyata bukan hanya kopi, ada beberapa minuman yang bisa merusak gigi. Menurut dokter gigi minuman ini bisa bikin gigi rusak.

Ada minuman yang baik untuk kesehatan gigi namun ada juga yang mengundang masalah pada gigi. Dr. Brian Kantor, seorang dokter gigi di Lowenberg, Lituchy New York membeberkan 5 minuman terburuk untuk kesehatan gigi.

1. Minuman Soda

Minuman soda adalah minuman yang paling buruk untuk gigi. Selain kandungan gula yang sangat tinggi, soda juga mengandung pewarna makanan yang bisa merubah warna putih alami pada gigi.

Jadi, ada baiknya kurangi konsumsi minuman bersoda dari sekarang. Atau setelah minum soda, pastikan membilasnya dengan minum air putih.

2. Kopi dan teh hitam

Semakin gelap warna minuman maka semakin berpotensi merubah warna gigi. Jika Anda penggemar kopi atau teh hitam, usahakan minum menggunakan sedotan. Juga pilih jenis teh lain yang warnanya lebih terang seperti teh hijau atau teh herbal.

3. Wine

Wine memiliki kandungan asam yang sangat tinggi. Asam ini yang bisa merusak lapisan enamel gigi hingga membuat gigi pebih rapuh. Solusinya, cobalah meneguk air putih setelah minum wine. Ini berlaku untuk jenis red maupun white wine.

4. Jus jeruk

Jus jeruk terutama jeruk nipis memiliki rasa yang sangat asam. Rasa ini secara perlahan bisa merusak lapisan luar enamel gigi. Sama seperti wine, jika diminum terus menerus maka gigi akan cepat rusak karena rapuh.

5. Air mineral kemasan

Air mineral yang dijual dalam kemasan botol kebanyakan diolah dengan tambahan bahan kimia saat proses pemurnian. Bahan inilah yang mengganggu kesehatan gigi. (***)

sumber: detik.com