Selasa | 26 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Jangan Remehkan, Ini Manfaat Makan Saus Tomat

MEDIAKEPRI.CO.ID – Makanan Italia identik dengan penggunaan saus tomat dalam jumlah banyak, misalnya saja spageti dan pizza. Beberapa camilan yang banyak dijual di tanah air pun akan terasa kurang nikmat jika tak diberi tambahan saus tomat, misalnya bakso, mie ayam, juga ayam goreng.

Jika yang digunakan adalah saus tomat asli dari buah tomat, maka hidangan tersebut sudah pasti akan memberi manfaat bagi kesehatan. Tak bisa diremehkan, ada banyak nutrisi yang terkandung di dalam buah berwarna merah ini.

Loading...

Jika Anda menambahkannya dalam hidangan yang dikonsumsi, maka ia akan menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan antioksidan pada tomat justru meningkat jika dimasak menjadi saus, demikian dilansir laman asiantown.net.

Zat antioksidan tersebut yang diyakini akan meningkatkan kesehatan pencernaan seseorang. Selain itu, likopen yang ada pada tomat juga bermanfaat membunuh bakteri jahat di pencernaan.

Bahkan, likopen pun berguna untuk meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus. Hal itu diungkap dalam penelitian yang dilakukan ilmuwan Universitat Politècnica de València di Spanyol, yang menyebut bahwa tomat dalam bentuk saus memiliki efek probiotik.

Ini tentu berbeda dari jenis sayuran lain yang justru mengalami penurunan kandungan nutrisi dan manfaat jika dimasak. Yang perlu diketahui, hindari memakai bahan kimia berbahaya seperti pengawet saat membuat saus tomat untuk konsumsi.

Loading...

Cara kerja saus tomat menyehatkan pencernaan adalah antioksidannya akan melindungi sel-sel di pencernaan dari kerusakan, utamanya dari penyakit seperti kanker. (***)

sumber: sidomi.com

Loading...
Loading...