Rabu | 20 Januari 2021 |
×

Pencarian

PERISTIWA

Jet Li Terlihat Tua dan Kurus, Jet Li: “Saya Kesakitan, Tetapi Saya Tidak Menderita”

MEDIAKEPRI.CO.ID – Beredar foto-foto Jet Li di beberapa kesempatan, Di foto itu aktor laga ini terlihat lebih tua dan kurus. Padahal usianya tergolong belum terlalu tua, baru 55 tahun.

Berbagai spekulasi pun bermunculan tentang dugaan Jet Li sedang mengalami sakit parah.

Loading...

Jet Li yang dikenal berkat kemampuannya dalam melakukan gerakan akrobatik di setiap filmnya selama puluhan tahun diketahui tengah berjuang melawan gangguan kesehatan hipertiroidisme, suatu kondisi yang dapat menyebabkan kelelahan dan penurunan berat badan.

Terkait rumor yang sama, South China Morning Post (SCMP) pada Sabtu, 19 Mei 2018 lalu melansir kabar bahwa para penggemar ramai mendoakan agar kondisi kesehatan Jet Li terus membaik.

Mereka khawatir setelah melihat foto yang menunjukkan sang aktor terlihat lebih tua dan kurus saat berada di sebuah kuil di Tibet.

Beberapa penggemar lainnya justru berkomentar bahwa Jet Li terlihat seperti itu karena faktor pencahayaan dan sudut pengambilan gambar yang kurang baik.

Loading...

Di satu sisi, manajer Jet Li, Steven Chasman, membantah desas-desus itu dengan memberi penjelasan tentang foto yang sedang viral.

“Dia memang menderita hipertiroidisme, tetapi dia sudah mengatasinya selama hampir 10 tahun. Tidak ada yang mengancam jiwa dan dia sedang menanganinya,” kata Chasman kepada Washington Post, Senin, 21 Mei 2018.

“Dia dalam kondisi sehat dan baik-baik saja”, tambah pria yang mengaku sebagai asisten Jet Li.

Chasman menegaskan, berita foto yang menampilkan Jet Li di Chengdu pada Sabtu 12 Mei 2018 lalu hanya menjual sensasi.

“Akan lebih baik jika orang tidak membuat sesuatu dari ketiadaan,” kata Chasman.

Selama bertahun-tahun Jet Li dikenal sebagai salah satu aktor seni bela diri yang paling berpengaruh di dunia.

Nama juara wushu nasional itu semakin terkenal berkat aktingnya sebagai pahlawan legendaris Wong Fei-hung dalam film Once Upon a Time in China.

Dia semakin tersohor di Amerika dan Eropa setelah membintangi film Romeo Must Die; The Expendables; dan Kiss of the Dragon.

Bahkan, setelah berkarier di Hollywood, Jet Li terus bekerja sama dengan para sutradara China, seperti Zhang Yimou dalam film Hero.

Kehidupan mulai berliku setelah 2010 lalu Jet Li didiagnosis memiliki masalah tiroid yang terlalu aktif.

Tiga tahun kemudian, menurut kabar Associated Press, Jet Li berujar bahwa ia tidak yakin apakah bisa terus bekerja di industri perfilman yang telah membesarkan namanya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, hipertiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan lebih banyak hormon tiroid daripada yang dibutuhkan tubuh.

Hormon-hormon ini mengendalikan fungsi tubuh dalam menggunakan energi, sehingga mempengaruhi hampir setiap organ tubuh Anda, bahkan hingga cara jantung berdetak.

“Saya kesakitan, tetapi saya tidak menderita. Saya senang,” katanya kepada Associated Press pada 2013 lalu.

Selain itu SCMP juga melaporkan bahwa Jet Li pernah berbicara mengenai masalah kaki dan tulang belakang yang ia alami selama puluhan tahun akibat cedera yang ia dapat saat melakoni adegan berbahaya dari film-filmnya.

Tahun lalu, dalam sebuah kesempatan makan malam di acara amal, aktor kelahiran Beijing itu mengatakan bahwa penyakitnya kembali kambuh, menurut SCMP.

Sebenarnya spekulasi tentang kesehatan Jet Li sudah lama ramai diberitakan.

Pada 2016 misalnya, Jet Li membantah desas-desus bahwa ia membutuhkan kursi roda akibat penyakitnya yang semakin memburuk.

Menurut Straits Times, Jet Li pernah mengatakan bahwa teman-temannya juga khawatir dan mempertanyakan tentang kondisi terakhir kesehatanya.

“Tidak ada yang perlu dikhawatirkan tentang kesehatan saya,” katanya, sambil bercanda.

“Saya tidak yakin perusahaan kursi roda mana yang mengeluarkan berita semacam itu untuk menjual lebih banyak kursi roda. Mungkin seseorang ingin saya menjadi juru bicara untuk kursi roda mereka,” lanjut Jet Li.

Untuk diketahui, dalam tiga tahun terakhir Jet Li memang tak banyak mengambil pekerjaan sebagai artis peran.

Kali terakhir ia muncul dalam film pendek bersama Jack Ma, pendiri e-commerce raksasa Alibaba Group.

Dia juga dilaporkan dalam pembicaraan untuk tampil sebagai kaisar China dalam produksi film live-action keluaran Disney, Mulan, yang dijadwal tayang di bioskop pada 2020 mendatang.

Jet Li, menyadari bahwa dalam melawan penyakitnya ini dia “hanya pria biasa”.

“Saya bukan Wong Fei-hung, juga bukan Huo Yuanjia. Saya bukan seorang pahlawan,” katanya, menyebut karakter-karakter yang pernah dimainkannya.

“Saya sama sepeti Anda,” katanya. (***)

sumber: tribunnews.com

Loading...
Loading...