MEDIS

Begini Penjelasan Dokter Mengapa Kebanyakan Kaki Bayi Berbentuk O

Minggu | 03 Juni 2018 | 9:57

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Memiliki bentuk tubuh yang ideal merupakan harapan setiap manusia, bukan hanya sekedar karena kebutuhan penampilan tetapi juga terkait dengan kesehatan.

Kendati demikian tidak jarang terjadi kondisi yang mengganggu fisik manusia dan salah satunya adalah Kaki O. Kaki O atau bow legs merupakan salah satu kelainan yang banyak terjadi pada tungkai anak.

Pada kasus ini, lutut melengkung menjauh satu sama lain hingga membentuk huruf O. Namun perlu diketahui bahwa bentuk kaki O pada anak hingga usia dua tahun merupakan kondisi yang masih normal.

“Kondisi itu disebabkan pengaruh posisi janin saat di kandungan serta kelenturan urat-urat di sekitar sendi,” ungkap Faisal Mi’raj, Dokter Spesialis Bedah Ortopedi RS Pondok Indah, baru-baru ini.

Seiring waktu, menginjak usia 3-4 tahun, tungkai akan menjadi lurus kembali dan kemudian menjadi seperti huruf X (knock knees). Lalu akan berangsur lurus atau kembali normal setelah usia 6-7 tahun.

Menurut dia, perhatian baru perlu ditingkatkan jika kelengkungan belum hilang setelah anak berusia dua tahun, atau hanya satu sisi yang melengkung.

Kondisi itu mungkin terjadi akibat kelebihan berat badan (obesitas) atau terlalu cepat berjalan (early walking). Kondisi tersebut juga bisa terjadi karena penyebab lain, seperti trauma, kelainan hormon, atau kelainan pertumbuhan tulang. (***)

sumber: bisnis.com

Editor :