BATAM

Kelangkaan dan Meroket? ALHAMDULILLAH, Sejumlah Sembako Harganya Malah Turun

Minggu | 03 Juni 2018 | 4:28

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Memasuki pertengahan Bulan Puasa sejumlah sembilan bahan pokok (sembako) terjadi penurunan harga. Hal ini tentu mengejutkan. Awalnya, diprediksikan akan terjadi kelangkaan dan harga yang menaik tajam tak terjadi.

Sejumlah sembako yang terjadi penurunan tersebut yakni harga beras di Batam malah terjadi penurunan harga. Di awal Ramadhan, beras premium harganya diatas Rp320 ribu menjadi Rp275 ribu per karung berisi 25 kilogram.

Hal serupa juga terjadi pada cabe merah yang mengalami penurunan dari sebelumnya seharga Rp41 ribu, saat ini turun di kisaran harga Rp37 ribu. Sementara bawang merah masih stabil berada di harga Rp39 ribu.

Meskipun demikian, ada juga beberapa jenis pangan utama yang mengalami kenaikan, namun kenaikan tersebut tidak menunjukkan angka yang signifikan. Seperti telur yang sebelumnya untuk satu papan (30 butir) berada di harga Rp39.000, naik sedikit menjadi Rp40.750.

“Harga pangan di beberapa pasar sampai saat ini masih terbilang stabil, ada naik tapi sedikit, sekarang beras dan cabe justru lebih rendah dari masa awal puasa lalu,” kata Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindag Kota Batam, Adisthy ketika dihubungi pada Sabtu, 2 Juni 2018.

Kenaikan harga juga terjadi pada daging sapi lokal yang pada menjelang puasa lalu seharga Rp153 ribu, kini naik menjadi Rp140 ribu. Untuk sapi impor sendiri ketersediannya sendiri tidak seperti sapi impor.

Dari empat pasar yang didata, hanya ada satu pasar yaitu di pasar Botania 2, Batam Centre, Batam yang menyediakan daging sapi lokal. Untuk harga daging sapi impor sendiri berada di angka rata-rata Rp87 ribu. (miksan/kmg)

Editor :