MAYAT

ASTAGA!! Ini Kecurigaan Warga yang Melihat Ular Sanca Tak Mampu Bergerak, Ternyata Menelan Wanita Ini

Jumat | 15 Juni 2018 | 22:14

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Seekor ular sanca menelan bulat-bulan seorang wanita dewasa di Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra). Peneliti LIPI punya penjelasan terkait kasus terkait ular jenis Python reticulatus itu.

Kepala Laboratorium Herpitologi Puslit Biologi LIPI Amir Hamidy menjelaskan bahwa ular memang memakan mangsanya tanpa mengunyahnya terlebih dahulu. Hanya berbeda antara melumpuhkan mangsa dengan dibelit atau menggunakan bisa.

“Ular nggak ada yang makan-nya dikunyah, nggak dicabik-cabik. Ditelan bulat-bulat. Dan ular piton ini melumpuhkan mangsanya dengan dililit,” kata Amir saat dihubungi detikcom,

Terkait wanita yang ditelan bulat-bulat, menurut Amir rahang bawah ular tak menyatu. Hanya rahang atasnya yang menyatu. Sehingga rahang bawah bisa melebar sejauh kekuatan ototnya.

Amir menjelaskan, ular piton akan melumpuhkan mangsanya dulu sebelum menelannya. Biasanya tulang-tulangnya mangsanya akan dibuat remuk karena ototnya sangat kuat.

Ditanya soal berapa lama jasad manusia berada di dalam tubuh ular, Amir menjawab sekitar 4 hari hingga seminggu.

“Di lambung ular itu asamnya sangat kuat sekali. Namun prosesnya lebih dari 1-2 hari. Semingguan lah baru bisa terurai. Itu setelah makan itu bisa sebulan nggak makan-makan lagi,” tutur Amir.

Jasad wanita bernama Wa Tiba, berusia 54 tahun, ditemukan di dalam tubuh ular pada Jumat, 15 Juni 2018 pagi. Sebelumnya dia dilaporkan hilang pada Kamis, 14 Juni 2018.

Keluarga lalu melapor ke polisi dan akhirnya dilakukan pencarian pada pagi tadi pukul 09.00 WIB. Setelah ditelusuri, warga mendapatkan seekor ular sanca yang terlihat tak mampu bergerak. Warga kemudian curiga ular tersebut menelan Wa Tiba. (***)

sumber: detik.com

Editor :