MEDIS

Nyawa Pria Ini Nyaris Melayang Gara-gara Sering Menunda Buang Air Besar, Kok Bisa?

Rabu | 27 Juni 2018 | 12:56

MEDIAKEPRI.CO.ID – Seorang pria di Australia nyaris kehilangan nyawa setelah menderita sembelit selama tiga hari.

Seorang pria berumur 53 tahun tersebut mendatangi unit gawat darurat (ICU) sebuah rumah sakit di Australia dengan mengeluhkan sembelit disertai rasa mual dan pembengkakan di perutnya. Kondisi tersebut sudah terjadi selama tiga hari.

Menurut laporan yang tertulis di BMJ Case Report, kaki kanan pria tersebut juga sangat dingin dan tidak bisa digerakkan selama kurang lebih 24 jam. Tim dokter juga tidak bisa menemukan denyut nadi di kaki kanan pria tersebut.

Dari rekam medis yang diperoleh, pria tersebut diketahui tidak mengkonsumsi obat-obatan apapun dan kondisi jantungnya tidak mengalami masalah, seperti dikutip dari Iflscience, Jumat, 22 Juni 2018.

Hasil pemeriksaan menunjukkan, terjadi penyumbatan pada dubur pria tersebut oleh feses. CT scan merekam bahwa kotoran BAB di usus besarnya telah memadat, dan terjadi sindrom tekanan pada bagian perut.

Akibatnya, feses yang padat membuat usus besar membengkak dan menekan arteri illiaca sebelah kanan dan menyebabkan rasa sakit di kaki serta kelumpuhan.

Selain itu, tingkat kepadatan feses di usus pria itu sudah sangat parah dan mengganggu produksi asam pada ginjal sehingga terjadi metabolis asidosis atau gangguan ketika status asam-basa bergeser ke sisi asam akibat hilangnya basa atau retensi asam nonkarbonat dalam tubuh. (***)

sumber: tribunnews.com

Editor :