PRESTASI

Prestasi Mahasiswa UGM, Ciptakan Spons Koral untuk Percepat Penyembuhan Luka Operasi

Kamis | 28 Juni 2018 | 13:53

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Luka pasca operasi biasanya sulit sembuh dan membutuhkan waktu lama. Untuk menghentikan perdarahan dan mempercepat penyembuhan, tiga mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada (UGM) membuat spons koral buatan.

Oktika Nur Anisa, Atha Yuska Irfani, dan Imroatul Maghfiroh mengembangkan spons koral yang terbuat dari bahan dasar kalsium karbonat yang bisa menjadi aktivator pembekuan darah.

“Spons koral berperan sebagai agen haemostasis yakni suatu bahan yang membantu dalam tahap pertama proses penyembuhan luka yakni hemostasis.

Ketika terjadi luka maka secara alamiah tubuh sudah memiliki sistem untuk menghentikan perdarahan dengan terbentuknya benang benang fibrin,” ujar Oktika kepada detikHealth melalui pesan singkat.

“Jika hanya mengandalkan kemampuan hemostasis alami maka tidak sepenuhnya memberi hasil maksimal dan waktunya lama. Sehingga dibutuhkan spons koral yang membantu dalam hemostasis atau menghentikan perdarahan,” lanjutnya.

Salah satu keunggulan spons koral buatan ini yakni bisa diserap oleh tubuh, tidak seperti agen hemostasis konvensional yang tidak bisa diserap oleh tubuh.

“Spons koral buatan keunggulannya dapat diserap oleh tubuh sehingga lebih praktis karena tidak perlu diambil oleh praktisi,” tandasnya.

Spons koral buatan ini masih dalam tahap percobaan in vivo yang dilakukan pada hewan dan menunjukkan percepatan penyembuhan luka pasca operasi. Setelah diulang hingga empat kali pun, semua pengujian menunjukkan hasil yang positif yaitu dapat mengontrol perdarahan pasca operasi.

“Setelah percobaan in vivo selesai, kemungkinan selanjutnya akan dilakukan uji klinis manusia,” tutup Oktika. (***)

sumber: detik.com

Editor :