KULINER

Perhatikan Hal Ini untuk Dapatkan Gorengan Kriuk dan Renyah

Jumat | 29 Juni 2018 | 13:07

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Bakwan goreng yang Anda buat tidak kriuk renyah saat dimakan? Atau lembek tengahnya? Beberapa hal bisa jadi penyebabnya.

Bikin gorengan memang gampang. Sayuran, seafood, tempe dan tahu bisa jadi pilihan. Meski hanya mencampur dengan adonan tepung nyatanya banyak yang mengalami kegagalan.

Gorengan pinggirannya gosong, bagian tengahnya lembek atau sama sekali tidak kering. Beberapa hal yang terlihat sepele ini bisa jadi penyebabnya.

1.Pelit minyak

Kesalahan ini paling sering terjadi. Alih-alih berhemat hasil gorengan tidak rata dan tidak kering. Hanya kering satu sisinya saja, bagian tengahnya lembek.Karena minyak kurang.

Minyak panas berfungsi untuk mengeringkan dan mematangkan bahan makanan yang digoreng. Mengoreng atau deep frying harus memakai minyak banyak. Minimal 1 liter untuk porsi sedang. Pastikan bahan makanan yang digoreng benar-benar terendam minyak seluruhnya bukan hanya satu sisi saja.

2. Ukuran wajan tak sesuai

Wajan yang terlalu kecil dengan jumlah gorengan banyak akan membuat gorengan lebih lama kering dan matang. Yang paling sering terjadi gorengan matang tak merata.

Ini karena ruang untuk minyak panas kurang luas. Tidak harus pakai wajan, Anda
bisa memakai panci untuk menggoreng. Tuangkan saja minyak dalam panci. Panci yang cekung akan membuat minyak cepat panas dan merata mematangkan gorengan.

3. Api terlalu besar

Menggoreng memang harus memakai minyak panas tetapi jika terlalu besar apinya maka minyak jadi terlalu panas. Bahan yang digoreng akan cepat gosong sementara bagian dalamnya masih lembek.

Selalu gunakan api sedang dan tak perlu membalik-balik gorengan. Jika terendam minyak dengan baik dan suhu minyak stabil, gorengan akan matang merata hingga ke bagian dalamnya.

4. Adonan terlalu banyak mengandung air

Adonan tepung terigu diperlukan untuk mengikat bahan makanan yang digoreng agar menjadi renyah. Tetapi jika adonan terlalu banyak air maka gorengan akan lebih lama kering.

Perlu waktu lama untuk menguapkan air dalam adonan. Perlu diingat juga jika memakai sayuran, sayuran juga mengandung air. Karenanya perlu waktu lama menguapkan air dalam sayuran dan adonan agar jadi kering dan renyah. (***)

sumber: detik.com

Editor :