Selasa | 22 Oktober 2019 |
×

Pencarian

NEWS

Siapkan Cemilan Sehat Agar Mudik Menyenangkan

Jumat | 08 Juni 2018 | 13:01

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Perlu diingat, pemudik harus juga mengantisipasi kondisi kemacetan yang sering terjadi. Terlebih di tanggal-tanggal rawan macet karena pasti mengalami antrean yang panjang.

Ahli pencernaan dari RS Cipto Mangunkusumo, Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FINASIM, yang juga dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengingatkan untuk menyiapkan kondisi fisik tetap prima sebelum berangkat. Antara lain dengan menyiapkan makanan kecil dan minuman yang cukup selama perjalanan.

Tak kalah penting, kebutuhan hidrasi atau cairan tubuh tetap harus selalu terjaga.

“Tetap pertahankan minum 2 liter dalam 24 jam. Jika di dalam perjalanan kita banyak keringat, jumlah air minum harus ditingkatkan,” ujar dr Ari.

Sementara itu, pakar endokrinologi dari Universitas Indonesia, dr Dante Saksono Harbuwono, SpPD-KEMD, PhD menegaskan agar tidak meminum minuman yang tergolong diuresis atau peluruh kencing.

“Siapkan perbekalan air saat mudik, tetapi hindari minuman yang diuresis seperti kopi, karena menyebabkan kencing-kencing terus saat perjalanan mudik,” ujar dr Dante.

Selain itu perlu juga mempersiapkan bekal cemilan untuk perjalanan seperti kurma. Buah-buahan dengan kandungan air yang banyak, juga cocok untuk cemilan saat mudik.

“Siapkan buah-buahan seperti jeruk, apel atau buah peer. Buah bisa jadi sumber kalori, air, serat vitamin dan mineral,” ujar dr Ari. (***)

sumber: detik.com

Editor :