TIPS SEHAT

Ingat! Obat Kumur Hanya Pelengkap, Bukan Pengganti Sikat Gigi

Selasa | 03 Juli 2018 | 8:24

MEDIAKEPRI.CO.ID – Berkumur dengan cairan antiseptik disarankan untuk melengkapi kebiasaan menyikat gigi.

Namun demikian, bukan berarti setelah memakai obat kumur kemudian sikat gigi ditinggalkan.

“Ingat obat kumur itu pelengkap bukan pengganti, jadi Anda tetap wajib sikat gigi,” kata Dedy Yudha Rismanto, Dokter Gigi Spesialis Periodontik.

Obat kumur sering digunakan untuk menyegarkan napas serta membersihkan bakteri di rongga mulut.

Kedua cara ini memang bisa memutus rantai pembentukan kuman yang berkoloni.

“Kuman itu bisa menempel di mulut dalam hitungan menit. Mengapa sikat gigi dua kali sehari ditambah dengan berkumur? Ini untuk mencegah kuman berkoloni dan menjadi matang di mulut,” jelas

Obat kumur penting untuk menetralisir kadar PH atau keasaman mulut dan mencegah peradangan gusi.

“Jika ada sudut di dalam mulut yang sulit dibersihkan dengan sikat gigi, bisa menggunakan obat kumur. Berkumur dengan air putih atau obat kumur bisa mengurangi aktifnya kuman karena kondisi pH yang netral,” terangnya.

Yudha mengatakan, penggunaan obat kumur tidak harus dengan cara dikumur.

Untuk mengurangi rasa perih, Anda hanya perlu merendam cairan tersebut dan mendiamkanya selama beberapa detik, sesuai petunjuk pada obat kumur yang digunakan.

“Artinya kumur itu tidak boleh diminum jadi digenangi atau direndam di titik yang diinginkan saja cukup. Biarkan beberapa detik agar efektivitas senyawa kimianya bekerja,” tuturnya.

Jenis obat kumur pun berbeda-beda sesuai kandungannya.

Contohnya, Antimikrobial untuk mengurangi plak, gingivitis, serta peradangan gusi, Astringent salt untuk menyamarkan bau mulut, dan yang mengandung iodin dan fluoride untuk mencegah gigi berlubang.

“Supaya lebih efektif, dibaca dulu penggunaanya berapa kali sehari. Disertai dengan teknik sikat gigi sesuai arah gigi dan tidak menyikat dengan arah horizontal. pungkasnya. (***)

sumber: tribunnews.com

Editor :