LINGGA

ATR BPN Pastikan Target 4400 Sertifikat Tanah Gratis Selesai Diakhir Tahun

Selasa | 10 Juli 2018 | 13:18

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Kementerian Agraria dan Tata Ruang Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN) Kabupaten Lingga pastikan target 4400 sertifikat tanah akan selesai diakhir tahun 2018.

Kasubsi Penetapan hak dan pemberdayaan tanah masyarakat, Surya Wahyu Wardhani mengatakan, saat ini lebih kurang 2000 sertifikat masyarakat yang sudah Siap dipeta bidangkan, lebih kurang 50 % lagi akan rampung diakhir tahun. Lebih jauh katanya, sertifikat yang sudah siap ini belum diserahkan kepada pemilik, penyerahaan akan dilakukan setelah sertifikat selesai semua.

“Untuk teknis penyerahan, kalau mengikuti tahun lalu, BPN akan menyerahkan secara simbolis di Kota Batam melalui menteri Agraria. Tapi untuk tahun ini ATR BPN akan menunggu Intruksi dari pusat. ” ujar Surya kepada mediakepri.co.id, senin 9 juli 2018 di ruang kerjanya.

Sementara itu dikatakan Surya, program pelayanan sertifikat secara gratis kepada masyarakat tahun ini dinamakan pendaftaran tanah sistematis lengkap (PTSL).Saat ini udah selesai di Kecamatan Dabo Singkep dan Kelurahan sungai lumpur. Yang belum itu tanjung harapan.

“Kalau kouta sudah memenuhi Target 4400.insya Allah tahun Depan akan dilanjutkan kembali untuk wilayah yang belum disertifikatkan. Satu diantaranya kecamatan Senayang Desa rejai. Yang sudah masuk dalam data pengukuran ATR BPN , ” ujarnya.

Selain itu katanya, kendala dilapangan itu pasti ada. diantaranya, Patok batas masih banyak yang belum terpasang dari pemohon, Administrsi surat masih belum banyak yang lengkap.

” Berharap. Agar proses pengukurangan berjalan lancar, agar masyrakat ikut berpartisifasi dalam melengkapi segala dokumen Administrsi dan kelengkapan yang diminta ATR BPN sesuai prosedur, ” ujarnya. (bran)

Editor :