TIPS SEHAT

Tips Mengenali Jenis Lemak Tubuh Anda, Nomor 1 yang Sering Terjadi

Rabu | 11 Juli 2018 | 19:52

Penyuka makanan manis cenderung memiliki penumpukan lemak di pinggang.

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Setiap orang memiliki bentuk tubuh yang berbeda. Kadarnya tergantung dari apa yang mereka konsumsi dan seberapa banyak jumlahnya. Tonjolan lemak yang nampak di tubuh seseorang juga berbeda-beda, ada yang menonjol di bagian perut saja, ada yang di bagian bokong, dan ada yang juga yang di bagian lengan.

Sedikitnya ada empat jenis bentuk tubuh yang berbeda tergantung lokasi lemaknya berakumulasi. Simak jenis lemak tubuh tersebut seperti dilansir dari laman Times of India, Rabu, 11 Juli 2018.

Jenis stres tinggi

Apakah Anda sering stres? Ini ternyata bukan hanya buruk ketenangan mental tapi juga untuk tubuh. Stres berarti lebih banyak kortisol dalam tubuh Anda dan itu diterjemahkan menjadi lemak viseral, terutama di sekitar perut. Untuk menghilangkan lemak jenis ini, nikmati kegiatan yang menenangkan seperti meditasi. Juga lakukan kegiatan yang bisa meningkatkan hormon bahagia.

Jenis gula tinggi

Anda pecinta gula? Untuk Anda yang senang mengonsumsi gula, tubuh merespons dengan memproduksi lebih banyak insulin. Membuat lemak menumpuk di bagian pinggang. Untuk mengatasinya konsumsi bawang putih, oregano dan kayu manis. Juga lakukan olahraga core toning.

Jenis estrogen tinggi

Bila Anda memiliki lemak berlebihan di sekitar bokong dan selalu mengalami gejala pra menstruasi syndrome (PMS) yang kuat, Anda mungkin memiliki kadar estrogen dalam tubuh yang tingggi. Hal ini dapat dikontrol dengan makanan yang kaya akan phytochemical seperti brokoli juga lakukan jongkok dengan kaki menghadap keluar.

Jenis testosteron rendah

Jika Anda membenci lemak lengan dan merasa sulit membentuk otot bisep, Anda mungkin memiliki kadar testosteron yang rendah dalam tubuh. Tidak seperti jenis lain yang merupakan hasil kelebihan hormon, lemak lengan adalah hasil dari defisit.

Untuk mengatasinya, tambahkan lebih banyak vitamin D dalam diet Anda seperti jamur. Untuk vegetarian, pilihannya mungkin lebih sedikit. Sehingga mereka bisa memilih suplemen vitamin D. Untuk olahraga lakukan latihan kekuatan. (***)

sumber: republika.co.id

Editor :