KULINER

Lezatnya Mie Koba Khas dari Pulau Bangka dengan Siraman Kuah Ikan Tenggiri

Kamis | 12 Juli 2018 | 0:38

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Ke Bangka, jangan lupa cicip mie yang satu ini. Memiliki nama ‘Mie Koba’ mienya disajikan dengan siraman kuah ikan tenggiri yang gurih dan enak. Kayak apa ya rasanya?

Nama Koba diambil dari salah satu nama Kabupaten di Bangka Tengah. Berbeda dengan mie dari daerah lain, mie khas Bangka ini diolah dengan paduan kuah ikan tenggiri yang sangat khas.

Tekstur mienya lembut dan direbus sebentar sebelum dicampur dengan racikan bumbu yang lainnya. Kuah ikan tenggirinya juga dibuat dengan campuran rempah yakni bawang putih, jahe, cengkeh, pala dan ketumbar. Agar tak amis, pilihan ikan tenggirinya harus yang segar.

Mie yang sudah di rebus kemudian dicampurkan dengan beberapa racikan bumbu. Mulai dari bawang putih, bawang bombah, potongan ikan, saus tiram, merica bubuk hingga kecap manis.

Seporsi mie Koba terdiri dari mie, telur dan tauge. Kemudian disiram dengan kuah ikan tenggiri berwarna kecokelatan makin enak ditaburi seledri dan bawang goreng plus tambahan telur rebus. Sluurp!

Untuk menambah rasa segar dan mengurangi aroma ikannya, Anda juga bisa menambahkannya perasan jeruk kunci. Ini merupakan jeruk khas Bangka yang memberikan aroma segar.

Mie Koba bisa ditemui di beberapa daerah di Kota Bangka. Akan tetapi salah satu penjual mie yang terkenal di Bangka adalah Warung ‘Mie Koba’ Iskandar yang terletak di Kabupaten Bangka Tengah Cabang Pangkalpinang. Konon kelezatan Mie Koba di sini sudah ada sejak tahun 80-an. Harga seporsi Mie Koba dibandrol dengan harga Rp 12.000 hingga Rp 15.000. Bagaimana tertarik untuk mencicipnya? (***)

sumber: detik.com

Editor :