OTOMOTIF

Ini Penyebabnya Kenapa Kampas Rem Motor Anda Cepat Habis

Jumat | 13 Juli 2018 | 8:06

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Sistem pengereman pada kendaraan bermotor merupakan perangkat penting. Rem bertugas mengurangi kecepatan kendaraan hingga berhenti total.

Sistem rem pada motor juga harus diperhatikan oleh pemilik motor. Terutama kampas remnya. Terkadang, pengendara mengeluh kampas rem motor cepat habis. Ada beberapa penyebab kampas rem bisa cepat habis.

Laman Wahana Honda mengungkapkan beberapa alasan mengapa kampas rem cepat habis.

Alasan pertama karena ketebalan rem yang berbeda.

Ketebalan rem baru dengan yang lama disebut mengalami perubahan. Misalnya, kampas rem motor bebek lebih tebal dibanding kampas rem motor matic baru. Dulu, rem kampas rem punya ketebalan 7 mm, sekarang hanya 5,5 mm.

Alasan berikutnya adalah kondisi jalan. Masuk akal, karena kondisi jalan yang semakin padat membuat pemotor sering menarik tuas rem. Kondisi jalanan yang menurun juga membuat kampas rem semakin cepat habis.

Kapasitas mesin juga berpengaruh terhadap kampas rem. Semakin besar mesin dan dimensinya, beban pengereman juga semakin meningkat. Makanya, motor dengan mesin yang lebih besar berdampak semakin boros kampas remnya.

Gaya berkendara pun turut menyumbang pengaruh terhadap ketebalan kampas rem yang cepat habis. Gaya berkendara yang sering menggeber motor dengan kecepatan tinggi dan mengerem mendadak membuat gesekan kampas rem dan piringan bekerja lebih keras.

Selain kecepatan, muatan berkendara pun berpengaruh. Beban yang semakin berat membuat kerja rem menjadi lebih berat. (***)

sumber: detik.com

Editor :