TIPS SEHAT

Kenapa Kopi Dingin Lebih Sehat Dibanding Kopi Panas? Ini Penjelasannya

Jumat | 13 Juli 2018 | 8:56

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Kopi panas yang mengepul enaknya dinikmati di pagi hari yang dingin, sementara kopi dingin atau es kopi akan menyegarkan bila diminum di siang hari.

Itu dari sisi waktu. Tapi, bagaimana ya kalau dari sisi kesehatan, mana yang lebih sehat, kopi dingin atau kopi panas?

Kalau soal rasa, tentunya ini semua tergantung pada selera masing-masing. Hanya saja kalau bicara soal mana yang lebih sehat, mungkin penjelasan ini bisa sedikit membantu.

Mengutip Times of India, kopi itu sendiri pada dasarnya mengandung sejumlah manfaat kesehatan yang baik untuk tubuh, yakni dapat menurunkan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, depresi dan berbagai penyakit yang berkaitan dengan gangguan saraf.

Bahkan baru-baru ini dilaporkan kopi dapat memperpanjang umur.

Tingginya kadar polifenol, mineral dan antioksidan inilah alasan di balik kopi aman untuk dikonsumsi. Senyawa bioaktif dalam kopi juga menjadi alasan utama yang membuat kopi sehat untuk diminum.

Hebatnya lagi, menambahkan es ke kopi (kopi dingin) tidak akan mengubah senyawa bioaktif di dalamnya, sehingga membuat kopi dingin sama sehatnya dengan kopi panas.

Ditambah, gizi yang dimiliki kopi tidak terpengaruh oleh suhu.

Tetapi bila dibandingkan lagi, kopi dingin jauh lebih baik daripada kopi panas. Ini karena, kopi dingin bisa menjadi pilihan tepat bagi mereka yang memiliki masalah lambung. Sifat asam yang terkandung dalamnya turun menjadi 67 persen, demikian terasa lebih baik pada sistem pencernaan.

Tapi bagi mereka yang sedang berjuang melawan insomnia, sebaiknya hindari mengonsumsi kopi dingin. Sebab, kopi dingin memiliki konsentrasi kafein yang lebih tinggi. Jika memang tidak bisa menghindarinya, minumlah empat jam sebelum waktu tidur. (***)

sumber: detik.com

Editor :