TIPS SEHAT

Hati-hati! Lap Dapur Tempatnya Bakteri Jahat, Ini Cara Meminimalisir Penyebaran Bakteri

Sabtu | 14 Juli 2018 | 14:22

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Penelitian terbaru menemukan bahwa, lap atau handuk dapur bisa menyebarkan kuman ke dalam makanan. Bahkan bisa picu keracunan.

Penggunaan lap atau handuk dapur memang sangat berguna untuk mengeringkan cucian piring, membersihkan bercak dan noda dari masakan di dapur.
Juga berguna sebagai alat pegangan, ketika mengangkat panci atau wajan yang masih panas.

Padahal menurut sebuah penelitian, lap dapur dipenuhi dengan bakteri. Seperti bakteri E. Coli, yang menyebabkan keracunan makanan, seperti dilansir dari Fox News.

1. Kenapa lap bisa menjadi sangat kotor?

Jumlah orang di rumah pasti mempengaruhi kebersihan handuk atau lap yang ada di dapur. Ini dikarenakan, lebih banyak orang berarti lebih banyak peluang bakteri untuk hinggap di dapur. Tetapi, hal ini tidak terlalu berpengaruh karena setiap orang pasti akan bersentuhan dengan mikroorganisme atau bakteri berbahaya di berbagai tempat.

Lap dapur cenderung menjadi rumah bagi bakteri jahat. Sehingga biasanya bakteri ini akan hinggap ke daging sapi, atau daging ayam sebelum di masak. Jadi hindari mengonsumsi daging secara mentah, apalagi jika sudah diletakan di dapur selama beberapa waktu.

2. Cara meminimalisir penyebaran bakteri

Cara meminimalisir pertumbuhan bakteri dari lap dapur ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mencuci tangan secara bersih sebelum makan. Kemudian, kurangi penyebaran bakteri dengan mengganti lap dapur setiap hari agar kebersihannya terjaga. Anda juga bisa membeli beberapa lap dapur, untuk setiap bagian yang berbeda. Misalnya satu lap untuk mengeringkan piring, lap yang lain untuk membersihkan bekas masakan di meja dapur, dan lainnya.

Bisa juga menggunakan tisu dapur, namun penggunaanya harus tetap dibatasi agar limbah tidak menumpuk. Kebersihan lap dapur memegang peranan penting dari penyebaran dan pertumbuhan bakteri.

3. Cara menjaga lap tetap bersih

Untuk menjaga lap dapur tetap bersih, cucilah lap dapur dengan air panas dan diamkan beberapa saat sebelum dicuci bersih untuk mengangkat bakteri dan noda. Setelah dibersihkan, keringkan dan simpanlah lap dapur dalam kondisi yang baik.

Selalu rajin cuci lap dapur Anda, karena membersihkan lap dapur sesering mungkin dapat menjaga kebersihan lap dan menghindari pertumbuhan bakteri. (***)

sumber: detik.com

Editor :