BATAM

Jalin dan Rajut Kebersamaan, HKTI Gegas Inovasi Petani untuk Pemenuhan Kebutuhan Pangan dan Wisata

Minggu | 15 Juli 2018 | 17:25

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Teknologi terus berkembang. Perkembangan teknologi ini tak dapat ditolak atau dihindari, akan tetapi dimanfaatkan sebaik-baiknya. Begitu juga teknologi di dunia pertanian.

Begitu banyak teknologi di dunia pertanian yang dihasilkan, memberikan rangsangan tersendiri bagi para petani. Dengan berbagai inovasi yang bergulir, terus menghasilkan produk yang sangat bermanfaat bagi seluruh lapisan masyarakat.

Begitu juga bagi petani di Batam. Sejumlah petani yang berada di Batam berkumpul saling bertukar informasi dalam berinovasi.  Mereka yang hadir adalah petani dari Nongsa, Sembulang, Cate, Sagulung, Batuaji, Sekupang dan dari beberapa penjuru Kota Batam.

Kegiatan yang digagas oleh pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Batam berlangsung di Kebun Jambu Madu, Sei Temiang, Sabtu, , 14 Juli 2018 .

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas (Kadis) Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Batam, Perwakilan Dinas UKM Koperasi, Dinas Pendidikan dan guru SMP,  perwakilan Bank Indonesia Kepri, Bank BRI, Komunitas Urban Farming, Urbanfarmes School, perwakilan para petani, baik petani budidaya tanaman dan perikanan peternakan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk menjalin silaturahmi, merajut kebersamaan petani untuk terus berinovasi dengan karyanya, untuk pemenuhan kebutuhan pangan serta nilai wisata,” ujar Ketua Panitia, Noor Azis.

Menurutnya, perlunya kelembagaan petani yang mandiri seperti koperasi petani se Batam yang diharapkan, dapat mengatasi permasalahan kekurangan pasokan dan kestabilan harga.

“HKTI menjadi pelopor untuk menggerakkan dan memotivasi petani khususnya wacana pembukaan lahan baru di pulau, kanon yang memang dipersiapkan khusus pertanian yg terintegrasi,” ujarnya menegaskan. (ulil)

Editor :