BINTAN

Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional , Nurdin: Wujudkan Kesejahteraan dan Pembangunan Negeri

Selasa | 17 Juli 2018 | 18:28

Gubernur Hadiri Peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bintan – Gubernur H Nurdin Basirun mengatakan peringatan Harganas merupakan perwujudan kepedulian dan perhatian Pemerintah serta semua pihak untuk membangun karakter, mewujudkan kesejahteraan dan pembangunan Negeri.

Keluarga merupakan yang paling utama dalam nilai luhur dan pengembangan SDM berkualitas.

“Dalam kekeluargaan kita harus bisa berintraktif yang positif, di dalam rumah mau pun di luar rumah.

Keluarga akan terbentuk menjadi bahagia dan sejahtera serta menjadi tangguh dan mandiri,” ujar Nurdin saat menghadiri acara peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2018, Hari Keluarga Nasional XXV serta Bhakti Sosial TNI KBKES Tingkat Provinsi Kepri Tahun 2018 di Antam Relief Kijang, Kabupaten Bintan, Senin, 16 Juli 2018.

Gubernur yang hadir bersama Istri Hj Noorlizah Nurdin Basirun, Sekretaris Daerah H TS Arif Fadillah beserta Istri Hj Rismarini Arif Fadillah, Bupati Bintan Apri Sujadi beserta Istri Debby Apri Sujadi, Danrem 033/WP Brigjen TNI Gabriel Lema, Danlantamal IV Laksamana Pertama TNI R Eko Suyatno, Pj. Wali Kota Tanjungpinang Raja Ariza, Kepala OPD Provinsi dan Kabupaten/Kota beserta tamu undangan lainnya.

Menurut Nurdin untuk menjadi keluarga yang mandiri dan tangguh bisa melalui Keluarga berkumpul, Keluarga berinteraksi, Keluarga berdaya, Keluarga Peduli sesama dan keluarga peduli lingkungan.

Selain itu, Nurdin juga mengatakan peringatan acara tersebut yang mengusus Hari Keluarga Nasional dan Hari Anak Nasional dan juga KBKES merupakan upaya mengakhiri Kekerasan pada anak, untuk mewujudkan generasi dan Keluarga Sejahtera di Kepri.

“Kegiatan ini tidak hanya sebatas rutinitas dan seremonial semata namun menjadi titik tolak untuk mencapai daerah layak anak sebagai mana yang telah dicanangkan pemerintah daerah”, lanjut Nurdin.

Nurdin mengatakan, sebagai orang tua, sudah sewajarnya untuk memperhatikan apakah sudah benar-benar menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak.

“Kita tidak bisa menuntut anak kita menjadi terbaik, jika kita sendiri belum menjadi orang tua yang baik”, tutup Nurdin.

Sementara itu Sekda Arif dalam laporannya mengatakan bahwa anak merupakan generasi penerus masa depan, tunas harapan yang akan melanjutkan estafetnya pembangunan dan budi pekerti.

“Peringatan ini untuk terus berupaya meningkatkan sekaligus mengajak seluruh elemen, baik orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha dan pemerintah untuk melaksanakan kewajiban serta tanggung jawabnya”, ujar Arif.

Arif mengajak seluruh elemen baik pemerintah dan instansi terkait, maayarakat juga orang tua untuk dapat menjaga dan meningkatkan potensi yang dimiliki oleh anak-anak.

“Pemerintah juga terus berupaya untuk membangun karakter anak yang baik serta penanaman nilai-nilai kebangsaan,” lanjut Arif.

Arif juga melaporkan sejumlah rangkaian kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan sempena peringatan hari anak seperti pelaksanaan seminar tentang pencegahan pernikahan dini yang digelar pada 11 Juli lalu yang diikuti sebanyak 10p orang peserta di Bintan. Kemudian seminar tentang kesehatan reproduksi anak yang akan digelar hari ini, puncak acara serta sejumlah pemeriksaan gratis berupa cek kesehatan dan pelayanan KB gratis.

Kemudian Bupati Bintan Apri Sujadi dalam sambutannya mengucapkan rasa terimakasih atas kepercayaan Pemprov menjadikan Bintan sebagai tuan rumah pelaksanaan agenda hari ini.

Apri menambahkan bahwa perayaan Hari Anak merupakan momentum bersama untuk mempertegas program-program untuk meningkatkan kualitas generasi muda di Kepri.

“Kelak mereka lah generasi yang membanggakan dan dapat meraih prestasi yang cemerlang untuk Kepri,” ujar Apri.

Deputi Bidang KSPK BKKBN RI Dr. M Yani mengatakan guna melahirkan generasi muda yang berkualitas baiknya dimulsi dengan perencanaan yang baik. Hidup perlu direncanakan dengan baik untuk mendapat hasil yang maksimal.

Yani melanjutkan peringatan hari anak dan hari keluarga ini diharapkan partisipasi yang aktif dari semua pihak untuk mewujudkan keluarga yang sejahtera serta lahirnya para generasi muda yang berkualitas demi masa depan bangsa yang lebih baik lagi.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatangan MoU antara Pemerintah Provinsi dengan Kabupaten dan Kota tentang progam kegiatan perwujudan kesetaraan gender, peningkatan kualitas hidup perempuan dan perlindungan perempuan serta anak.

Juga penandatangan peresmian rumah dataku dan sekolah siaga kependudukan (ssk) dan pojok kependudukan. Penyerahan mobil perlindungan dari Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan Anak RI kepada Kabupaten Bintan.

Sejumlah penghargaan juga diberikan, sebelum menutup acara, Gubernur seperti biasa menggelar sejumlah kuis berupa pertanyaan-pertanyaan yang berhadiah sepeda serta hadiah lainnya yang ditujukan kepada anak-anak sekolah yang hadir pada kesempatan tersebut. (humas)

Editor :