BATAM

Mau Tau 15 Peserta Seleksi JPTP Batam? Ini Nama-namanya

Kamis | 19 Juli 2018 | 16:31

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam- Sebanyak 15 peserta seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Pemerintah Kota Batam menjalani proses pembuatan makalah. Tahapan kedua pasca seleksi administrasi ini dilaksanakan di Aula Lantai IV Kantor Walikota Batam, Rabu, 18 Juli 2018.

Posisi yang akan diisi para peserta seleksi ada tiga. Yaitu Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perhubungan, serta Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan (Perakimtan) Kota Batam.

“Makalah dibuat hari itu juga. Satu hari selesai. Tapi tema makalah sudah diberikan hari sebelumnya,” kata Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Batam, M Syahir.

Makalah untuk peserta seleksi Kepala Dinas Pendidikan harus dibuat dengan tema Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang Madani, Beriman, dan Beramal Soleh Berbasis Al-Quran/Kitab Suci dan IPTEK. Sedangkan tema makalah untuk posisi Kepala Dinas Perakimtan yaitu Terwujudnya Kawasan Perumahan Rakyat, Permukiman, dan Pertamanan yang Hijau, Berwawasan Lingkungan, Bersih, Aman, Nyaman, Religi dan Berkelanjutan. Dan tema untuk makalah calon Kepala Dinas Perhubungan adalah Terselenggaranya Manajemen Transportasi yang Modern, Terintegrasi Antar Moda yang Aman, Nyaman, Tertib, Ramah Lingkungan dan Beretika.

“Setelah membuat makalah, peserta seleksi akan diminta untuk mempresentasikan isi makalah yang dibuatnya. Pemaparan makalah dan pendalaman materi dijadwalkan pada Jumat (20/7),” kata Syahir.

Pada saat presentasi, tiap peserta diberi waktu 45 menit. Waktu 15 menit pertama digunakan untuk pemaparan. Dan 30 menit sisanya untuk pendalaman materi melalui tanya jawab dengan tim penilai.

Proses presentasi ini akan dinilai langsung oleh lima orang panitia seleksi (pansel). Terdiri dari dua unsur akademisi yakni Rektor Uniba Chablullah Wibisono dan Rektor UPB Nur Elfi. Kemudian satu orang tokoh masyarakat, Efendi Asmawi. Serta dua unsur Pemerintah Kota Batam, Sekretaris Daerah (Sekda) Jefridin dan Kepala BKPSDM M Syahir.

“Pak Sekda sekaligus Ketua Pansel,” tutur pria yang pernah menjabat sebagai camat ini.

Adapun nama-nama peserta seleksi yaitu Samudin, Andi Agung, Hendri Arulan, Aidil Sahalo, dan Ardiwinata untuk posisi Kepala Dinas Pendidikan. Sedangkan posisi calon Kepala Dinas Perakimtan diminati Efriyus, Eryudhi Apriadi, Azril Apriansyah, Masrial, dan Demi Hasfinul Nasution. Sedangkan lima nama lainnya Rustam Efendi, Faisal Riza, Zulkifli Aman, Rudi Panjaitan, dan Zulkarnain melamar untuk posisi Kepala Dinas Perhubungan.

Keseluruhannya merupakan pejabat eselon III di lingkungan Pemko Batam. Tiga nama saat ini sedang menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) dari tiap organisasi perangkat daerah yang diajukan di proses seleksi. Ketiganya yakni Rustam Efendi Plt Kepala Dinas Perhubungan, Hendri Arulan Plt Kepala Dinas Pendidikan, dan Eryudhi Apriadi Plt Kepala Dinas Perakimtan.(mcb)

Editor :