RAGAM

WOUW… Belasan Tahun Menabung, Akhirnya Tukang Becak Ini Bisa Pergi Haji

Jumat | 20 Juli 2018 | 13:51

MEDIAKEPRI.CO.ID, Grobogan – Semangatnya untuk menggenapi peribadatan sesuai keyakinan benar-benar membara. Mashuri dan istrinya akan segera berangkat haji tahun ini. Hasil menabung selama 13 tahun dari penghasilannya sebagai tukang becak.

Mashuri (62 tahun) warga Dusun Bendo, Desa Getasrejo, Kecamatan/Kabupaten Grobogan. Tahun ini dia bersama istri, Siti Patimah (59), akan naik haji. Dia akan berangkat pada 7 Agustus 2018 mendatang.

Ditemui di rumahnya, pria 3 anak dengan 8 cucu ini mengaku saat ini libur menarik becak. Karena harus mempersiapkan diri menjelang keberangkatannya ke tanah suci. Sesekali dia mengelap becaknya agar tetap terawat. Becak warna cokelat, kuning, dan merah itu menjadi saksi perjuangannya selama ini.

Dia bersyukur karena keinginannya naik haji terwujud tahun ini. “Saya senang akhirnya bisa naik haji tahun ini,” kata Mashuri.

Dia bersama istri mendaftar haji sejak 2011 lalu. Sesuai rencana akan berangkat tanah suci pada 2017. Hanya karena pada tahun lalu ada pengurangan kuota haji yang berangkat, keduanya tidak bisa berangkat. Karenanya baru tahun inilah mereka bisa berangkat haji.

Tak lama lagi, Mashuri dan Siti Patimah siap berangkat. Mereka masuk kloter 75. “Manasik haji sudah selesai. Tinggal mempersiapkan diri dan barang bawaan,” tutur Mashuri.

Setiap harinya Mashuri menjadi penarik becak. Hal itu dilakukannya sejak masih bujang. Setiap harinya dia mangkal di depan atau di sekitar Pasar Purwodadi. Dengan penghasilan yang tak tentu. Kadang hanya cukup untuk makan, kadang lebih.

Dia menceritakan, keinginan haji mulai terpikirkan pada 2005. Keinginan itulah yang membuatnya selalu bersemangat dan menyisihkan hasil pendapatannya untuk menabung.

Ketika tabungannya dirasa mencukupi, bersamaan itu sebidang tanahnya dibeli orang. Akhirnya Mashuri memutuskan mendaftar haji bersama istrinya. “Uang itu untuk daftar haji pada tahun 2011,” ujar Patimah.
(***)

sumber: detik.com

Editor :