MEDIS

Perhatikan!!, Anak Anda Mendengkur Kemudian Berhenti Nafas Sejenak? Hati-hati Pembengkakan Amandel Kronis

Selasa | 24 Juli 2018 | 12:38

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pernahkah anak Anda mendengkur hingga berhenti nafas sejenak ketika sedang tidur?

Kejadian tersebut adalah apnea obstruktif (henti nafas) yang diakibatkan oleh pembengkakan amandel.

Episode ini terjadi karena tersumbatnya saluran napas atas selama tidur dan menyebabkan berkurangnya asupan oksigen secara periodik.

Episode henti nafas ini termasuk kondisi medik yang serius jika tidak ditangani.

Oleh karena itu sebagai orang tua, Anda harus lebih mengerti dan paham akan keadaan ini ketika anak menderita pembengkakan amandel.

Dokter THT di Rumah Sakit Santosa, Dr Imam Megantara SPTHT-KL. Mkes mengatakan keadaan amandel ini terjadi karena amandel yang sudah kronis.

“Jika pada keadaan kronis terjadi serangan akut biasanya penderita akan merasakan sakit tenggorok, disertai rasa mengganjal, seperti ada sesuatu di tenggorok dan bau mulut,” ujar dokter Imam saat ditemui di Jalan Kebon Jati No 38, Rabu, 18 Juli 2018

Keadaan seperti ini tentu akan menyiksa aktivitas bermain anak. Anak akan sulit makan dan keceriaan jadi hilang.

Dokter Imam mengatakan jika amandel kronis merupakan radang kronik (menetap) dari amandel yang biasanya merupakan kelanjutan dari infeksi akut berulang atau infeksi subklinis (tidak bergejala) dari amandel.

Bahaya dari pembengkakan amandel yang terus menerus di abaikan adalah hidung tersumbat, sulit menelan, dan suara sengau.

“Di samping pertumbuhan fisik yang kurang baik, tidak jarang timbul keluhan telinga seperti rasa penuh, nyeri, atau keluar cairan dari telinga,” ucapnya.

Jika anak Anda mengalami episode ini, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk ditangani lebih lanjut. (***)

sumber: tribunnews.com

Editor :