KULINER

Resep dan Cara Mengolah Gulai Nangka Khas Padang

Sabtu | 28 Juli 2018 | 20:04

MEDIAKEPRI.CO.ID – Bagaimana Cara membuat sayur nangka khas Padang? Apa saja Resep & Bumbunya?- Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sayur nangka khas masakan Padang, kalau orang padang bilang Gulai Cubadak. Jika anda pernah makan di Warung Padang sayur nangka yang dimasak Gulai ini pasti nggak pernah ketinggalan.

Karena memang tanpa gulai nangka ini santapan anda pasti kurang lengkap.

Ada yang unik dari gulai nangka ini, yaitu bentuk irisan-nya dibiarkan besar besar tidak seperti gudek Jogya yang irisan-nya kecil kecil dan lembut. Coba anda bayangkan bagaimana jika sayur nangka Padang ini diiris lembut pasti akan terlihat aneh dan bahkan akan mengurangi nafsu makan kita, itulah Indonesia tiap daerah memiliki kekhas-an masing masing.

Lalu bagaiman cara membuat gulai Cubadak atau sayur nangka khas Padang ini? dan apa saja bumbu bumbunya? tenag dibawah ini sudah saya tulis semua, anda tinggal baca dan siapkan bahan bahan-nya..

Bahan-bahan:

1/4 buah nangka muda potong sedang sebesar ibu jari
200 gr daging tetelan
550 ml santan

Bumbu Yang dihaluskan :

8 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 ruas jahe
1 ruas kunyit
2 butir kemiri
1 sdt ketumbar
10 buah cabe merah keriting (jika ingin pedas bisa ditambah)
1 lembar daun kunyit
2 lembar daun salam
2 lembar daun jeruk
1 batang sereh digeprek
secukupnya garam

Cara Membuat:

Mula mula tumis bumbu yang di haluskan tadi sampai benar kering dan matang. Lalu Masukkan daun kunyit, jeruk, sereh daun salam, Aduk2 sampai harum.
Kemudianmasukkan daging tetelan dan Masaklah sampai berubah warna lalu Masukkan nangka dan Aduk aduk sampai nangka mulai layu.

Tuangkan santan dan Tambahkan garam, Silahkan Cicipi rasanya. Masaklah dengan api sedang sampai nangka matang dan empuk. Santan mengental dan berminyak, Jika terlalu kental bisa ditambah kan air panas.

Begitulah sahabat semua, resep dan cara membuat Gulai Cubadak atau gulai nangka khas masakan padang yang lezat itu. (***)

sumber: resepcaramasakan.com

Editor :