KRIMINALITAS

Kurang Ajar! Majikan Meninggal Dunia, Dihari Pemakaman Penjaga Rumah Ini Malah Kuras Harta Senilai Ratusan Juta

Senin | 30 Juli 2018 | 23:06

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bojonegoro – Polisi mengamankan dua orang penjaga rumah di Bojonegoro, Jawa Timur lantaran menguras harta majikannya yang telah meninggal dunia.

Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli mengatakan, penangkapan dua pelaku pencurian itu dilakukan dari hasil rekaman CCTV. Kedua pelaku berinisial SN (39) dan AG (27) warga Desa Nglarangan, Kecamatan Kanor, Kabupaten Bojonegoro.

Sedangkan korbannya adalah almarhum Andi Tjandra, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Pemkab Bojonegoro.

Kronologi pencurian saat itu, rumah korban dalam keadaan sepi. Hanya ada AG yang kebetulan bertugas sebagai penjaga rumah milik almarhum Andi Tjandra sehari-harinya.

“Pas korban meninggal dunia, dan dimakamkan di daerah Surabaya, pada saat itulah rumah dalam keadaan sepi. Selanjutnya pelaku meminta bantuan tetangganya SN untuk melakukan aksinya,” terang Kapolres Bojonegoro, AKBP Ary Fadli, Senin, 30 Juli 2018.

Kedua pelaku masuk kamar korban yang terkunci melalui jendela. Selanjutnya menguras barang-barang berharga seperti HP, soundsystem, helm senilai Rp5 juta, tas senilai Rp30 juta, hingga emas batangan milik korban.

“Banyak barang-barang yang diambil, termasuk uang tunai sekitar Rp50 juta yang saat ini sudah habis digunakan foya-foya oleh kedua pelaku. Barang yang diambil oleh pelaku diangkut menggunakan mobil bak terbuka,” terangnya.

Kapolres menyebut, barang yang dicuri kedua pelaku diperkirakan mencapai Rp300 juta rupiah. Dia juga menyebutkan, jika pelaku AG sebenarnya orang yang dipercaya untuk menjaga rumah, namun saat rumah sepi AG malah melakukan aksi pencurian dengan rekannya SN.

“AG sudah tiga tahun menjadi penjaga rumah korban. Sementara aksi pencurian ini dilaporkan oleh istri korban,” paparnya.

Kapolres menambahkan, kedua tersangka mencoba menghilangkan jejak usai melakukan pencurian. AG dan SN mengganti kunci kamar yang sudah dirusak dengan kunci pintu baru.

“Dari tidak bisa dibukanya pintu kamar itulah korban istri almarhum Andi Tjandra curiga. Kemudian melapor ke Polres Bojonegoro, dan dilakukan penangkapan,” tandasnya.

Kedua tersangka dijerat pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan dengan hukuman maksimal 7 tahun penjara. Saat ini keduanya mendekam dibalik jeruji besi tahanan Mapolres Bojonegoro. (***)

sumber: inilah.com

Editor :