RAGAM

Pemerintah Beri Remisi Napi Terampil Konstruksi Bangunan, ini Tujuannya

Senin | 30 Juli 2018 | 14:40

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Pemerintah akan memberikan remisi kepada narapidana yang telah terampil dalam konstruksi bangunan umum. Mereka akan disalurkan ke proyek infrastruktur nasional setelah lulus sertifikasi Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Nasional (LPJKN).

“Utamanya mereka sadar dulu, kemudian selalu berbuat baik, patuh dan disiplin. Mereka bisa bekerja dan tidak kembali melakukan perbuatan hukum,” kata Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM, Sri Puguh Budi Utami di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang, Jakarta, Senin, 30 Juli 2018.

Sertifikasi juga diberikan kepada narapidana yang memenuhi syarat lulus ujian kelas maupun lapangan. Program ini diharapkan meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup para warga binaan saat kembali ke lingkungan masyarakat.

“Kesempatan ini hadir untuk mendukung pemerintah bagaimana membangun manusia mandiri yang menyejahterakan,” ucapnya.

Khusus Lapas Kelas I Cipinang, kata Sri, pelatihan dan sertifikasi konstruksi bangunan sementara dilakukan kepada 100 narapidana. Para peserta bakal dikelompokan untuk terampil bidang kayu, batu dan besi.

“Kami yakin 100 orang ini embrio, mereka akan langsung kerja, tidak usah khawatir. Semua bangunan pasti butuh maintenance, jangan sampai proyek infrastruktur nasional diisi tenaga kerja murah dari luar negri,” tandasnya.

Kemenkumham mentargetkan sebanyak 1000 narapidana bisa terampil dalam konstruksi bangunan agar bisa diserap dalam proyek infrastruktur nasional maupun fasilitas umum.

“Melalui assessment yang ketat, apa yang dilatih bisa diserap dengan baik utamanya melakukan kegiatan mendukung program-program pemerintah,” pungkas dia. (***)

sumber: metrotvnews.com

Editor :