BATAM

Dua Transmisi Baru Disiapkan untuk Mendukung dan Menjaga Mutu Keandalan Listrik Bright PLN Batam

Minggu | 05 Agustus 2018 | 7:23

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Bright PLN Batam saat ini tengah menyiapkan dua transmisi baru. Itu untuk menjaga mutu keandalan listrik yang disajikan PLN kepada masyarakat sebagaimana perintah dari Peraturan Gubernur Kepri tentang Tingkat Mutu Pelayanan (TMP).

Sekretaris PLN Batam, Samsul Bahri mengatakan, salah satu transmisi yang akan dibangun tersebut berada di kawasan Batubesar, Nongsa. Diakuinya kontrak dengan pihak ketiga sudah dilakukan.

“Gardu induknya di sana sudah ada, tinggal transmisi lagi yang mau dibangun. Ini kita lakukan untuk menjaga listrik di sana jangan sampai drop,” kata Samsul.

Apalagi dikatakan, kawasan Nongsa sekarang sudah mulai ramai dan berkembang. Jika pembangunan transmisi tidak dilakukan, akan berdampak pada aktivitas masyarakat yang berada di sana.

“Kasihan investor dan masyarakat yang tinggal di sana,” ujarnya.

Dengan pembangunan transmisi itu, diharapkan masyarakat Batam Center dan Nongsa bisa menikmati mutu keandalan listrik yang diberikan bright PLN Batam. Selain di kawasan Batubesar, Nongsa, pihaknya juga akan membangun transmisi dari daerah Sei Harapan-Tanjunguma-Sekupang.

Dikatakan, proses yang dilakukan masih sebatas survei. Setelah itu baru akan disusun rencana pembangunannya. Samsul berharap, pembangunan transmisi yang dilakukan pihaknya ini mendapat dukungan dari semua pihak.

“Karena setiap tahun pelanggan kita naik terus. Kalau ini tak dibangun, suatu waktu tegangan drop. Jadi pembangunan kita lakukan untuk menjaga keandalan mutu,” kata Samsul.

Saat ini lebih kurang ada sekitar 300 ribu pelanggan bright PLN, baik bisnis, sosial, industri dan rumah tangga. Dengan jumlah pelanggan itu, diakui butuh backup daya untuk mengantisipasi kebutuhan, agar masyarakat tidak terganggu dengan padamnya listrik.

“Kita kan punya Pergub TMP, dan kami komitmen dengan standar mutu yang harus dipenuhi. Karena ini dikontrol terus dengan Pemprov terus,” ujarnya.

Selain membangun transmisi, pihaknya juga fokus untuk pengembangan jaringan listrik ke daerah hinterland. Seperti di kawasan Rempang, Tanjung Berikat dan Pulau Kengkeng di Barelang. Sebagian masyarakat hinterland di sana sudah bisa menikmati listrik. Samsul mengatakan, jika melihat hitung-hitungan bisnis, memang tidak masuk.

“Tapi ini kita lakukan supaya ada pemerataan, masyarakat hinterland bisa menikmati listrik. Dengan begitu perekonomian masyarakat bisa berputar, masyarakat bisa mendapat akses informasi yang cepat,” kata Samsul.(***)

sumber: centralbatam.co.id

Editor :