pemkab lingga

LINGGA

Sektor Pertanian dan Perikanan di Lingga Lebih Membuahkan Hasil

Rabu | 08 Agustus 2018 | 12:49

MEDIAKEPRI.CO.ID, Lingga – Wakil Gubernur Kepulauan Riau H. Isdianto sangat yakin beberapa tahun mendatang sektor pertanian di Kabupaten Lingga yang saat ini sedang dirintis akan membuahkan hasil.

Bahkan tidak hanya di sektor pertanian saja, melainkan juga sektor pariwisata dan perikanan.

“Saya melihat Lingga memiliki potensi unggulan di bidang pertanian, pariwisata dan perikanan. Mari bahu-membahu menggali potensi itu agar bisa dijadikan sumber PAD yang baru,” kata Isdianto saat memimpin rapat koordinasi bersama Wakil Bupati Lingga M. Nizar, Sekda Lingga Juramadi Esram, jajaran OPD Lingga dan para pengurus LAM Lingga di Gedung Daerah Kabupaten Lingga, Senin, 6 Agustus 2018.

Potensi di bidang pariwisata, pertanian dan perikanan, menurut Isdianto adalah sektor yang tidak pernah habis bahan bakunya. Tidak seperti bidang pertambangan yang suatu saat bahan bakunya akan berkurang dan musnah.

“Alhamdulillah Kepri punya semua potensi unggulan. Daerah lain belum tentu punya seperti ini. Sekarang di Lingga sedang gencar mengolah pertanian, dan tentu kalau dinilai sekarang memang belum ada hasilnya. Karena pertanian adalah investasi jangka panjang. Dan suatu saat, apapun yang sudah ditanam akan dituai oleh masyarakat Lingga. Tentu sekarang harus bersabar,” kata Isdianto.

Jika Pemerintah Daerah tidak mampu menggali potenai PAD-nya sendiri, lanjut Isdianto, maka tunggulah masa kehancurannya. Selain itu, Isdianto juga mengajak Pemerintah Daerah rajin menjolok dana dari pusat.

“Sekarang ini Indonesia sedang defisit, termasuk Kepri mengalaminya. Makanya ayo kita jolok dan kejar dana pusat. Jangan ditunggu, tapi di kejar. Karena dikejar aja belum tentu dapat, apalagi cuma ditunggu,” tegasnya.

Sementara itu Wakil Bupati Lingga M. Nizar menyampaikan sambutan selamat datang dengan menjelaskan gambaran umum Kabupaten Lingga.

Lingga memiliki 604 pulau dalam posisi air surut. Namun jika pasang tinggal 531 pulau yang nampak. Memiliki warga 102 ribu jiwa yang tersebar di 10 kecamatan, 75 desa dan 7 kelurahan.

“Seperti yang Bapak Wakil Gubernur katakan. Kami sedang galak-galaknya menggenjot sektor pertanian. Dan ini proses jangka panjang. Sektor pertanian, perikanan dan peternakan adalah memang sudah jadi kerja masyarakat disini hari-hari. Jadi ini wajib kita jaga,” ujar Nizar. (*)

sumber: humaskepri.id

Editor :