SEPAK BOLA

Garuda Indonesia Hapus Kekecewaan Tahun 2017 dengan Menyapu Bersih Laga Fase Grup dengan Lima Kemenangan Tahun Ini

Sabtu | 11 Agustus 2018 | 22:48

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sidoarjo – Timnas Indonesia U-16 memperlihatkan kemajuan pesat dalam waktu setahun. Mereka tak bisa berbuat banyak di Piala AFF U-15 pada 2017, tapi menjadi juara di Piala AFF U-16 tahun ini.

Sebagian besar penggawa timnas U-16 pada tahun ini memang merupakan mereka yang juga tampil di Piala AFF tahun lalu. Nama-nama seperti David Maulana, Brylian Negietha Dwiki Aldama, Rendy Juliansyah hingga si kembar Bagus Kahfi dan Bagas Kaffa sudah ada di dalam tim.

Namun, kala itu para pemain muda Indonesia masih mengalami kesulitan dan benar-benar tak bisa berbuat banyak. Berbanding terbalik dengan tahun ini.

Pada Piala AFF U-15 2017 itu, Indonesia gagal lolos dari fase grup dan finis di peringkat lima grup A. Mereka hanya sekali menang saat menghadapi Singapura (2-0). Sisanya seri 2-2 melawan Myanmar, serta kalah beruntun menghadapi Thailand (0-1), Australia (3-7), dan Laos (2-3).

Namun, kekecewaan tersebut dibayar lunas pada tahun ini. Indonesia tampil tanpa cela di Piala AFF U-16 2018. Rekor yang didapati pun sangat brilian ketika mereka tampil sebagai tuan rumah.

Indonesia berhasil menyapu bersih laga fase grup dengan lima kemenangan menghadapi Myanmar, Vietnam, Kamboja, Filipina, dan Timor Leste. Bahkan mampu membuat 21 gol dan hanya 3 kali kebobolan.

Masuk ke fase gugur, Garuda Asia mengalahkan Malaysia di semifinal dengan kemenangan tipis 1-0 dan akhirnya menang adu penalti menghadapi Thailand di laga puncak 1-1 (4-3).

Kemenangan ini tak hanya menghapus kekecewaan pada 2017, tapi juga di Piala AFF U-16 2013. Saat itu, Indonesia berhasil juga lolos ke final, tapi kalah melalui adu penalti pada laga puncak dari Malaysia 1-1 (2-3). (***)

sumber: detik.com

Editor :