Minggu | 17 Januari 2021 |
×

Pencarian

BINTAN

Sukseskan Pemilu, KKN UMRAH Adakan Sosialisasi di Kelurahan Sungai Enam Bintan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Bintan – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Angkatan IX mengadakan Seminar Sosialisasi Pemilih Pemula di Kelurahan Sungai Enam, Sabtu, 25 Agustus 2018 siang.

Acara sosialisasi dengan tema Peran Pemilih Pemula yang Cerdas Berdemokrasi Dalam Meningkatkan Pemilih Presiden Tahun 2019 tersebut berlangsung di Aula Kantor Kelurahan Sungai Enam, Kecamatan Bintan Timur.

Loading...

Kegiatan yang dihadiri oleh warga Sungai Enam tersebut membahas terkait dengan peranan pemilih pemula dalam menghadapi pemilihan umum serentak tahun 2019.

Ketua KKN UMRAH Kelurahan Sei Enam, Ferry Naswira mengatakan bahwa kegiatan tersebut ditaja dalam rangka turut berpartisipasi mensukseskan Pemilu Tahun 2019.

Supaya Masyarakat yang menjadi pemilih pemula mendapat masukan terkait dengan pemahaman kepemiluan yang sudah berjalan saat ini.

“Sebagai upaya untuk turut mensukseskan tahapan Pemilu melalui peningkatan partisipasi pemilih Pemula pada pemilu Presiden dan Wakil Presiden nanti”, ujar Ferry.

Loading...

Komisioner KPU Bintan Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Haris Daulay yang hadir sebagai pemateri mengatakan bahwa pemilih pemula merupakan indikator suksesnya pelaksanaan pemilu di suatu daerah.

Haris menambahkan bahwa jumlah pemilih pemula pada setiap pemilu sangat besar. Secara nasional Pemilu 2014, pemilih pemula berjumlah 14 juta orang, dan Pemilu 2009 berkisar 36 juta orang. Sedangkan di Kabupaten Bintan untuk pemilih pemula Tahun 2019 berdasarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT) berkisar 7.492 pemilih.

“Pemilih pemula jumlahnya sangat besar sehingga perlu diberikan pemahaman dan pendidikan kepemiluan supaya proses penggunaan hak pilihnya terakomodir sebagaimana mestinya”, ujar Haris.

Haris menjelaskan bahwa pemilih pemula bukan hanya warga yang berumur 17 tahun atau yang sudah menikah tetapi aparatur yang berubah status dari TNI/Polri juga pemilih yang baru pertama kali akan menggunakan hak pilihnya.

Acara yang dibuka oleh Sekretaris Kelurahan Sungai Enam, Taufik dalam sambutannya mengingatkan kepada masyarakat untuk turut berpatisipasi menjadi pemilih serta bijak menggunakan media sosial.

“Supaya masyarakat kita bijak menggunakan media sosial dalam pesta demokrasi kedepannya”, ujar Taufik.(***)

Loading...
Loading...