Rabu | 05 Agustus 2020 |
×

Pencarian

BATAM

Wako Rudi Jadi Juga Turun ke Jalan, Penggalangan Dana untuk Lombok di Batam Dihimbau Satu Pintu

MEDIAKEPRI.CO.ID, BATAM – Untuk membantu korban bencana gempa Lombok, Nusa Tenggara Barat, Pemerintah Kota (Pemko) Batam melakukan penggalangan dana. Bakti sosial ini akan dilakukan selama 15 hari dimulai hari Jumat, 31 Agustus sampai Sabtu, 15 September 2018.

Untuk penggalangan dana ini Pemko menggandeng organisasi Karang Taruna, Taruna Siaga Bencana (Tagana), Pramuka Kota Batam, PKH dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK). Aksi penggalangan dana akan dilakukan di empat lokasi, simpang Masjid Agung Batamcentre, simpang Rosadele atau simpang BNI, simpang Kepri Mall dan simpang Masjid Baitul Syakur Jodoh. Di setiap simpang akan didirikan Posko, berarti nanti ada 4 posko. Personil yang akan turun termasuk dari Dinas Sosial berjumlah sekitar 200 orang.

Loading...

Dijadwalkan pada hari pertama penggalangan dana, Walikota Batam, Muhammad Rudi, Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad, pimpinan OPD akan turun langsung untuk menggalang dana di Simpang BNI. Kegiatan akan diawali dengan apel persiapan dilanjutkan dengan turun ke jalan.

Sebagai dasar dilaksanakannya kegiatan ini, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat (DSPM) Kota Batam mengeluarkan edaran Nomor:1054/DSPM/IV.3/VIII/2018 tertanggal 30 Agustus 2018 yang ditandatangani Kepala DSPM Kota Batam, Hasyimah.

Hasyimah menjelaskan, aksi ini sebagai bentuk sosialisasi kepada masyarakat, bahwa Pemko Batam melakukan penggalangan dana yang terbuka untuk umum.

“Ini  sebagai bentuk kepedulian kita kepada saudara kita yang tertimpa bencana di Lombok. Aksi serupa pernah kita lakukan untuk membantu korban bencana Tsunami Aceh tahun 2006 lalu. Saat itu terkumpul dana Rp2 miliar dan kita antar langsung ke Aceh digunakan untuk pembangunan SD waktu itu,” kata Hasyimah.

Loading...

Selain melakukan penggalangan dana di empat simpang itu, Pemko Batam juga telah menyiapkan lima rekening bank sehingga masyarakat bisa mengirim ke rekening tersebut. Diantaranya Bank Riau Kepri melalui rekening 106.20.00250, Bank BRI 0659.01.000254.30.3 dan Bank BNI 0776877681 atas nama Posko Batam Peduli Bencana.

Agar seluruh masyarakat Kota Batam dapat berpartisipasi untuk memberikan bantuan, DSPM Kota Batam juga mengeluarkan edaran penggalangan dana kepada FKPD Kota Batam, BUMN, BUMD, Perguruan Tinggi dan lembaga pendidikan SD, SMP, SMA/SMK, perusahaan swasta, instansi vertikal di Kota Batam, pengurus masjid dan gereja. Dana yang terkumpul dapat diserahkan kepada kepala satuan untuk dapat diserahkan kepada Pemko Batam melalui posko yang tersedia di empat simpang.

Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Kota Batam, Yusfa Hendri menuturkan gerakan yang dilakukan Pemko Batam diberi nama “Batam peduli Lombok”. Kegiatan ini terlaksana berdasar himbauan Mendagri Nomor 977/6131/Sj dan 977/6132/Sj tanggal 20 Agustus 2018. Katanya, sebagai sebuah bangsa saat saudara tertimpa musibah maka yang lain wajib membantu.

“Batam peduli Lombok ini gerakan menghimpun dana donasi dari masyarakat Kota Batam untuk saudara kita di Lombok. Aksi penggalangan dana yang kita lakukan di jalan sebagai bentuk sosialisasi. Kami juga mengeluarkan edaran agar masyarakat Batam bahu membahu membantu,” jelasnya.

Yusfa tidak melarang jika ada organisasi lain yang melakukan aksi penggalangan dana. Namun, harus se-izin Pemko Batam. Selanjutnya dana yang terkumpul harus diserahkan ke posko yang telah disiapkan agar penyerahan bantuannya satu pintu.

“Kami juga akan menyampaikan kepada masyarakat berapa donasi yang sudah terkumpul melalui media cetak setiap harinya. Ini bertujuan untuk transparansi. Jika memang sebelum waktu 15 hari dana yang terkumpul dirasa sudah cukup bisa saja kita stop aksi penggalangan dana ini,” paparnya. (hpb)

Loading...
Loading...