BATAM

Marga “Yang” Se-Indonesia Mengadakan Pertemuan ke-IX di Batam

Minggu | 02 September 2018 | 13:18

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam — Ribuan tamu undangan dari berbagai daerah di Indonesia memeriahkan acara Pertemuan Marga “Yang” se-Indonesia ke-IX sekaligus memperingati hari jadi Yayasan Marga Yang Batam (MYB) yang ketiga di Swiss Bel Hotel, Batam, Sabtu 1 September 2018, sekitar pukul 19.00 WIB.

Mereka mengenakan baju serba merah untuk tamu undangan dengan design khas Tionghoa serta jas hitam bagi ketua yayasan masing-masing daerah. Pembukaan acara menampilkan pertunjukan barongsai serta tak ketinggalan tarian sekapur sirih membuat acara itu semakin meriah.

Bukan hanya dari Indonesia saja yang menghadiri acara itu, anggota Marga Yang dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan China pun turut hadir memeriahkan acara.

Ketua Yayasan MYB Bambang Suherman Yeo mengatakan, ini mejadi suatu kebanggaan bagi MYB, karena menjadi tuan rumah mengingat usia Yayasan MYB baru tiga tahun.

“Namun, juga menjadi tantangan serta pelajaran bagi kami menyiapkan acara besar ini. Berkat anugrah dari leluhur serta kerja seluruh panitia, acara ini pun dapat terselenggara. Jika masih ada kekurangan di sana-sini, semoga dimaklumi,” kata dia.

Bambang menyebutkan, acara ini sengaja dikemas secara meriah. Bertujuan untuk membuat satu jembatan dengan satu tujuan. Harapannya, semoga anak cucu mereka tetap saling terhubung dan menjaga tali silaturahmi.

Acara puncak malam itu diisi dengan pemotongan kue ulang tahun Yayasan MYB ketiga oleh ketua masing-masing daerah. Serta pemberian beasiswa kepada anak-anak kurang mampu yang berprestasi.

Organisasi ini mendapatkan akta notaris pada 12 Agustus 2015 dengan nama Yayasan Marga Yang Batam dan status badan hukumnya disahkan oleh Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia.

Bambang juga mengatakan, organisasi ini didirikan dengan tujuan menghimpun berbagai kalangan bermarga Yang ke dalam satu wadah. Tujuannya untuk mempererat tali kekerabatan, tolong menolong, dan membina diri sebagai insan agar bertumbuh kembang dengan berpegang pada nilai-nilai luhur para pendahülu yang berketeladanan. Membuka dan membina hubungan dengan asosiasi, perkumpulan, yayasan kemargaan Yang di Indonesia dan luar negeri untuk memperluas pergaulan dan wawasan. Membuka hubungan baik dengan pemerintah, masyarakat luas, dan organisasi-organisasi lain yang sejenis untuk membina solidaritas sebagai warga sebangsa.

Dalam waktu relatif singkat setelah akta pendirian diterbitkan, pengisi jabatan dewan pengurus pertama periode 2015- 2020 dilantik pada 20 September 2015, dan berikutnya adalah peletakan batu pertama pembangunan gedung Sekretariat Yayasan MYB di Kompleks Ruko Greenland Blok U no 5, Teluk Tering.

Bambang menyerukan agar keluarga-keluarga bermarga Yang di Batam berkunjung ke sekretariat dan mendaftarkan diri agar dapat lebih intensif berkomunikasi dengan sesama.

Saat ini Yayasan MYB telah memasuki usia ketiga dan memiliki anggota aktif sebanyak 300-an orang. (**)

Sumber

Editor :