BATAM

Hanya Hitungan Menit, Bangunan SD Melati Baloi Kebun Rata Tanah

Rabu | 12 September 2018 | 20:17

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam- Bangunan Sekolah Dasar (SD) Melati, Baloi Kebun, Kelurahan Taman Baloi, Kecamatan Batam Kota akhirnya dirobohkan pihak developer PT PKP, Rabu, 12 September 2018 sekitar pukul 13.00 WIB.

Kepala Sekolah SD Melati, Leonora ditemui di lokasi penggusuran mengaku tidak mengetahui adanya penggusuran oleh pihak developer tersebut. Bahkan ia mengaku sama sekali tidak ada peringatan sebelumnya.

“Hanya hitungan menit, bangunan langsung rata tanah. Bahkan saat penggusuran, saya tidak ada di lokasi. Semua barang-barang seperti buku, raport, kursi, bangku dan barang-barang lainnya berserakan. Sungguh kejam penggusuran itu,” ungkap Leonora.

Wanita umur 60 tahun yang akrab dipanggil Oma ini mengatakan, dirinya bersusah payah dalam mengelola sekolah tersebut agar anak-anak yang orang tuanya secara ekonomi tak mampu, dapat mengenyam dunia pendidikan di sekolah tersebut tanpa dipungut biaya.

Selain sebagai kepala sekolah, ia mengaku sebagai pemilik sekolah tersebut. Selama ditangannya, sudah tiga periode anak-anak dapat menyelesaikan pendidikan di SD itu.

“Saya kesana kemari mencari anak-anak agar dapat sekolah di tempat ini dan tidak saya pungut uang sekolah. Untuk gaji guru-guru, saya pakai uang gaji suami saya dan gaji anak-anak saya untuk bisa bayar gaji guru. Prinsipnya, anak-anak harus sekolah dan guru dapat mengajar seperti biasa,” ungkapnya.

Dikatakan Leonora, murid dari kelas 1-6 seharusnya mencapai 100 -an orang. Namun terus ditakut-takuti oleh pihak developer dengan mengatakan akan segera menggusur sekolah tersebut, membuat anak-anak ketakutan hingga satu persatu pindah ke sekolah lain. Dan hingga saat ini tinggal 20 orang siswa.

“Mereka (anak-anak) tak tahu, kalau sekolah ini digusur. Besok kalau anak-anak datang, akan saya kumpulkan mereka termasuk orang tua siswa. Kasihan mereka mau sekolah kemana lagi, kalau bukan di sini,” tuturnya.(ali)

Editor :