Rabu | 02 Desember 2020 |
×

Pencarian

BATAM

Kampung Tua Tanjungsengkuang Juara Gerbang Semarak HUT RI Tingkat Kota Batam, Ini Hadiahnya

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam – Kampung Tua Tanjungsengkuang Kecamatan Batuampar meraih juara pertama Lombaan Hias Gerbang Semarak Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia Tingkat Kota Batam.

Tanjungsengkuang menang untuk kategori Kampung Tua. Dan Juara II kategori yang sama diraih oleh Kampung Tua Tiangwangkang Kecamatan Sagulung. Hadiah diserahkan kepada para pemenang usai upacara Hari Perhubungan Nasional di Dataran Engku Putri, Senin, 17 September 2018.

Loading...

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Batam, Rudi Panjaitan mengatakan Lomba Semarak Kampung Merdeka ini dibagi menjadi lima kategori. Yakni Kampung Tua, Kampung Nelayan, Kavling Siap Bangun, Perumahan Sederhana dan Sedang, serta Perumahan Mewah atau Elite.

“Total hadiah Rp 54 juta untuk para pemenang lomba ini. Melihat antusias masyarakat Batam ikut serta pada lomba ini, tahun depan akan kita gelar kembali dan ini menjadi agenda rutin peringatan HUT RI Tingkat Kota Batam,” ujar Rudi.

Dari lima kategori, untuk kategori Kampung Tua ditetapkan dua pemenang juara 1 dan 2. Untuk Kampung Nelayan satu pemenang yakni Kampung Nelayan Sijantung Kecamatan Galang. Kategori Perumahan Menengah ke Atas tiga pemenang yakni Perumahan Baloi Mas, Lubuk Baja sebagai juara pertama, Perumahan Sandona, Sekupang juara kedua dan Puri Casablanca, Batamkota juara ketiga.

Perumahan Sederhana dan Kavling ditetapkan empat pemenang, juara pertama sampai juara keempat. Perumahan sederhana sebagai juara pertama Perumahan Graha Permata Indah-Cluster Cendana Tiban Indah, Sekupang. Juara kedua diraih Perumahan Villa Muka Kuning, Kecamatan Sagulung, juara ketiga Perumahan Bida Asri 1 Batam Kota dan juara ke empat Perumahan Griya Permai Sungai Binti, Sagulung.

Loading...

Untuk kategori Kavling, Rudi mengatakan Tembesi Tower RW 16 Sagulung berhasil meraih juara pertama. Bengkong Indah, Bengkong meraih juara kedua, RT06/RW 01 Tiban Lama, Sekupang sebagai juara ketiha dan Pasir Mantang, Tanjung Sengkuang, Batu Ampar sebagai juara keempat.

“Peringkat pertama masing-masing kategori menerima uang pembinaan sebesar Rp4 juta. Untuk peringkat ke dua menerima Rp3 juta, juara ketiga mendapat Rp1,5 juta dan juara ke empat menerima Rp1 juta. Kita juga berikan piala dan piagam penghargaan,” sebutnya.

Kriteria penilaian antara lain kedisplinan warga menaikkan bendera di depan rumah. Kemudian kebersihan lingkungan terjaga, gapura dihias corak kemerdekaan, dan sebagainya. Juri juga melihat event yang dilaksanakan, yang bersifat merakyat, misal lomba-lomba dalam rangka 17-an. Selain itu juga dinilai dari kerukunan warganya. Juri terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup untuk penilaian kebersihan, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang untuk gapura hias, dan Badan Kesbangpol untuk kerukunan warganya. (***)

sumber: mediacenter.batam.go.id

Loading...
Loading...