Minggu | 17 Januari 2021 |
×

Pencarian

BAKTI TNI-Polri

Juru Pemantau Jentik (Jumantik) Adalah Anggota Masyarakat Yang Secara Sukarela Memantau Keberadaan Jentik Nyamuk

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sleman – sasaran Nonfisik TMMD reg 103 Kodim 0732 Sleman bersama Dinkes kab. Sleman laksanakan PJB (pengamatan jentik berkala) di Gejawan Wetan,Balecatur Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman,Sabtu, 20 Oktober 2018.

Juru Pemantau Jentik (Jumantik) adalah anggota masyarakat yang secara sukarela memantau keberadaan jentik nyamuk Aedes aegypti di lingkungannya.

Loading...

Mereka memiliki tanggung jawab untuk mendorong masyarakat melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) secara rutin.

Nurulhayah M.kes kepala dinas kab Sleman mengatakan agar lingkungan rumah bersih dari jentik Nyamuk Demam berdarah dan tidak bisa bertelur dan tidak menghisap darah kita Nyamuk demam berdarah tersebut bertelur pada air yang bersih,tidak mau bertelur di air menggenang di tanah atau air comberan atau diselokan.Caranya yang kita lakukan yaitu Membersihkan bak air,penampungan air bersih maksimal seminggu sekali,penampungan air bersih harus tertutup. Gerakan Jumantik lebih efisien dibanding penyemprotan/foging,membersihkan bak air yg paling baik sebelum 7 hari.

Selain petugas jumantik (juru pemantau jentik), orang yang tinggal di sekitar suatu wilayah wajib juga melakukan pengawasan/pemantauan jentik di wilayahnya (self jumantik) dengan tehnik dasar minimal 3M Plus, yaitu :

1. Menutup: Menutup adalah memberi tutup yang rapat pada tempat air ditampung seperti bak mandi, kendi, toren air, botol air minum dan lain sebagainya.

Loading...

2. Menguras: Menguras adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti kolam renang, bak mandi, ember air, tempat air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.

3. Mengubur: Mengubur adalah memendam di dalam tanah untuk sampah atau benda yang tidak berguna yangmemiliki potensi untuk jadi tempat nyamuk dbd bertelur di dalam tanah.
Dan Kegiatan Pencegahan :Menggunakan obat nyamuk / anti nyamuk,Menggunakan kelambu saat tidur,Menanam pohon & binatang yang dapat mengusir/memakan nyamuk dan jentik nyamuk,Menghindari daerah gelap di dalam rumah agar tidak ditempati nyamuk dengan mengatur ventilasi dan pencahayaan,Memberi bubuk larvasida pada tempat air yang sulit dibersihkan.

Kegiatan ini bertujuan agar masyarakat tahu pentingnya menjaga kebersihan demi keluarga dan lingkungan terangnya

Loading...
Loading...