mediakepri
Selasa, 19 Maret 2024 |
×

Selasa, 19 Maret 2024

BAKTI TNI-Polri

Penyuluhan dari BPBD Diberikan Agar Warga Tanggap Bencana

| Kamis | 25 Oktober 2018 | 11:15 | Tidak ada komentar
pembebasan lahan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sleman – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Satgas TMMD Ke-103 TA. 2018 Kodim 0732 Sleman menyelenggarakan penyuluhan manajemen bencana bagi warga di lokasi TMMD, Desa Balecatur Kecamatan Gamping Kabupaten Sleman,Rabu, 24 Oktober 2018.

Sekretaris BPBD Kabupaten Sleman, Asih kushartati, ST., MM., hadir selaku pemateri bertajuk “Manajemen Bencana”. Mengawali materinya Sekretaris BPBD ini menegaskan bahwa penyuluhan manajemen bencana ini dilaksanakan dalam rangka mendukung pelaksanaan TMMD Ke-103 TA. 2018 Kodim 0732 Sleman.

Kemudian dalam paparannya, Asih Hartati, menyampaikan tentang manajemen bencana, yaitu kegiatan-kegiatan yang dilakukan untuk mengendalikan bencana dan keadaan darurat, sekaligus memberikan kerja untuk menolong masyarakat dalam keadaan beresiko tinggi agar dapat menghindari ataupun pulih dari dampak bencana.

Tujuan manajemen bencana, lanjutnya, untuk mengurangi atau menghindari kerugian secara fisik, ekonomi maupun jiwa yang dialami oleh perorangan, masyarakat negara. Selain itu, untuk mengurangi penderitaan korban bencana, mempercepat pemulihan, dan memberikan perlindungan kepada pengungsi atau masyarakat yang kehilangan tempat ketika kehidupannya terancam, paparnya.

Masih paparnya, penanggulangan bencana, adalah serangkaian upaya yang meliputi penetapan kebijakan pembangunan yang beresiko timbulnya bencana, kegiatan pencegahan bencana, tanggap darurat, rehabilitasi dan rekonstruksi.

Sedangkan, yang dimaksud dengan bencana, adalah peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam, dan/atau faktor non-alam maupun faktor manusia sehingga mengakibatkan timbulnya korban jiwa manusia, kerusakan lingkungan, kerugian harta benda, dan dampak psikologis.

Pemateri juga menjelaskan, jenis bencana, antara lain bencana alam seperti gempa bumi, tsunami, gunung meletus, banjir, kekeringan, angin topan dan tanah longsor. Untuk bencana non-alam, meliputi kegagalan teknologi, gagal modernisasi, epidemi dan wabah penyakit. Berikutnya bencana sosial, diantaranya konflik sosial antar kelompok atau komunitas masyarakat dan teror.

Dijelaskan pula, maksud dilaksanakannya penyuluhan ini, agar masyarakat mengetahui, mengerti dan memahami tentang bencana dan penanggulangannya serta memiliki kesiapsiagaan dalam menghadapi setiap ancaman yang ditimbulkan dari bencana.

Terlebih kondisi alam Desa Balecatur merupakan daerah perbukitan yang memiliki potensi kerawanan terhadap bencana khususnya tanah longsor. Untuk itu diharapkan semua warga dapat mengantisipasinya melalui memelihara dan menjaga lingkungan dan alam sekitarnya, seperti reboisasi, tidak membuang sampah ke sungai, dan lain-lain.