Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

BAKTI TNI-Polri

Tim Penghubung Dibentuk Sebagai Perantara Komunikasi Antara Komandan Dan Anak Buah

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sleman – Keberhasilan suatu pertempuran tak bisa dilepaskan dari faktor komunikasi. Suatu misi bahkan bisa gagal total jika komunikasi tak terhubung dengan baik. Dengan dukungan komunikasi yang baik, seorang komandan bisa mengatur prajurit serta mengerahkan pasukan dengan tetap dibawah perintahnya.

Hal ini diterapkan pada serbuan teritorial yang dilakukan Kodim 0732 Sleman dalam TMMD Reguler ke-103. Sebuah stasiun pemancar mini didirikan di Poskotis TMMD Reguler ke-103 guna menunjang kelancaran komunikasi tersebut.

Loading...

Dalam militer prajurit yang bertugas mengatur jalur komunikasi disebut Penghubung atau dalam bahasa sandi sering dinamai Elang. Dalam misi TMMD Reguler ke-103 Kodim 0732 Sleman ini Tim Elang digawangi tiga orang prajurit masing-masing Pelda Triyono, Serma Marwan dan Koptu Kosim.

Dengan pemancar yang tersambung dengan frekuensi milik Kodim 0732 Sleman, Tim Elang ini selalu menginformasikan segala hal seputar TMMD Reguler ke-103 yang dipusatkan di Kelurahan Balecatur Kecamatan Gamping. Pesan suara tersebut nantinya akan diterima para perwira maupun penanggungjawab program melalui handy talky (HT) untuk kemudian diteruskan kepada prajurit.

“Jadi yang memberi perintah bukan kami, melainkan tetap komandan. Kami hanya meneruskan saja, sifatnya sebagai operator atau penghubung saja,” ungkap pelda tri di Poskotis TMMD Reguler ke-103, Kamis, 18 Oktober 2018.

Dikatakanya dalam kondisi tertentu bahkan Komandan maupun para perwira sering ‘muncul ke udara’ untuk menyampaikan perintah. Dalam kondisi ini Tim Elang sebagai ‘operator’ melakukan memediasi agar pesan maupun perintah tersebut sampai ke prajurit dengan baik.

Loading...

“Kami juga malaporkan berbagai perkembangan yang ada. Jadi seluruh kegiatan yang telah dilakukan perhari kami pancarkan agar komandan mengetahui,” jelasnya.

Dikatakannya walau perkembangan teknologi telah maju, namun peran Elang tetap tak tergantikan dalam dunia militer. Dari Penghubunglah komunimasi akan terbangun dan misi yang dituju akan tercapai.

Loading...
Loading...