Senin | 30 November 2020 |
×

Pencarian

BAKTI TNI-Polri

TMMD Bangun Sarana dan Prasarana untuk Tingkatkan Kesejahteraan Warga

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sleman – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) adalah salah satu wujud Operasi Bhakti TNI, yang merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI dengan Departemen, Lembaga Pemerintah Non Departemen dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya. Program ini dilaksanakan secara terintegrasi bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan, khususnya daerah-daerah yang tergolong tertinggal, terisolasi, perbatasan, Tak selalu di pelosok, program ini juga bisa dilaksanakan di daerah kumuh perkotaan serta daerah lain yang terdampak bencana. Ahad, 28 Oktober 2018.

Maksud dan tujuan dari pelaksanaan TMMD sendiri adalah sebagai program untuk membantu desa dalam memperbaiki sarana prasarana, salah satunya adalah jalan sebagai sarana transportasi yang menghubungkan antara desa / daerah dengan desa / daerah lainnya. Sehingga akan meningkatkan kelancaran arus transportasi yang menunjang sarana transportasi di perdesaan.

Loading...

Selain jalan, sasaran program TMMD lainnya adalah meningkatkan sarana-prasarana kesehatan, Ibadah serta ketertiban dan keamanan lingkungan. Sehingga dengan adanya TMMD akan mampu merangsang masyarakat untuk aktif membangun desanya. Seperti pelaksanaan TMMD Reguler ke-103 yang digelar oleh Kodim 0732/Sleman di Desa Balecatur Kecamatan Gamping, khususnya di Dusun Temuwuh Kidul.Kondisi Dusun ini sudah lama ada bahkan sudah puluhan tahun seolah terpisah dan terpencil dari Desa Balecatur Padahal secara geografisnya hanya berjarak kurang lebih 2 km dari Desa Balecatur.

Namun seiring datangnya Program TMMD Reguler ke-103 Kodim 0732/Sleman ini, sedikit-demi sedikit harapan warga Desa Balecatur khususnya Dusun Temuwuh Kidul mulai terwujud. Jalan yang kondisi semula kurang baik dan sempit, setelah datang bantuan program TMMD kini telah merubah°.Kini kondisi jalan tersebut halus mulus sepanjang 1000 meter X 2,5 meter dengan talut bahu jalan serta cor bahu jalan dengan ketebalan 12 cm. Memang tak sia-sia selama kurang lebih dua minggu warga bersama Satgas TMMD Kodim 0732/Sleman bergotong-royong silih berganti menyelesaikan pekerjaan yang menjadi sasaran utama TMMD Reguler ke-103 Tahun anggaran 2018.

Bukan hanya itu saja sasaran pembangunan infrastruktur yang dibangun, dalam kegiatan ini juga diberikan bantuan Rehab Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) sebanyak 7 unit, pembuatan pos Kamling, bantuan jambanisasi untuk warga 10 unit dan sasaran tambahan lainya. Tak sampai disitu saja masih banyak kegiatan yang sifatnya non fisik juga yang dilaksanakan dalam kegiatan TMMD ini, artinya bukan hanya membangun bangunan fisik saja tetapi juga membangun non fisik melalui pelatihan-pelatihan yang bermanfaat untuk masyarakat seperti pelatihan menjahit, meubeler, pengobatan gratis, pelayanan KB, dan masih banyak lagi kegiatan non fisik yang lainya. (Zhoel)

 

Loading...

 

Loading...
Loading...