Minggu | 24 Januari 2021 |
×

Pencarian

BAKTI TNI-Polri

TMMD Program Lintas Sektoral yang Libatkan TNI, Kementrian dan Pemerintah Daerah

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sleman – Apa yang terbayang di benak kala  mendengar kata yang satu ini? Para prajurit berbaju loreng dengan tampang serius dan selalu membawa senjata kemanapun berada?

Tentara,Tentara…

Loading...

Eiitts..tunggu dulu. Iya sih mereka selalu siap sedia mempertahankan NKRI setiap saat, tapi para tentara ternyata juga adalah salah satu sahabat terdekat rakyat,loh. Nggak percaya?

Mari sejenak kita tengok aktifitas para tentara dalam Tentara Manunggal Membangun Desa atau biasa disebut TMMD Reguler ke-103 tahun 2018 yang juga dilaksanakan Kodim 0732/Sleman tepatnya di desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kab. Sleman. Selasa, 30 Oktober 2018

TMMD sendiri sebenarnya adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, kementrian, lembaga pemerintah, non kementrian dan pemerintah daerah.Secara nasional, TMMD di Seluruh Indonesia dengan sasaran daerah pedesaan.Salah satu manfaat terbesarnya, tentu saja program mulia ini bisa membantu percepatan pembangunan di pedesaan.Setidaknya itulah yang dirasakan oleh warga masyarakat desa Balecatur, Kecamatan Gamping, Kab.Slemanyang tahun ini menjadi sasaran kegiatan TMMD ke-103 oleh Kodim 0732/Sleman.

Secara umum, kegiatan TMMD ke-103 di Sleman dibagi dalam 2 jenis yakni pembangunan fisik dan non fisik.Selain itu, kegiatan ini juga melibatkan berbagai pihak dan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) terkait.

Loading...

Pembangunan Fisik

Sasaran TMMD secara fisik adalah pembangunan rumah tidak layak huni, pavingisasi jalan pedesaan, renovasi jembatan, dan lain-lain.Warga setempat merasa sangat terbantu dengan adanya TMMD serta berbagai perbaikan yang dilakukan di desa tersebut.Selain percepatan pembangunan, kegiatan ini membuat tentara semakin dicintai rakyat.Tidak ada lagi steorotipe di masyarakat bahwa tentara hanya bertugas mengamankan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kurang berbaur dengan masyarakat.

Pembangunan Non fisik

Selain pembangunan fisik, TMMD juga melakukan serangkaian pelatihan, layanan dan sosialisasi untuk meningkatkan keterampilan sekaligus kemudahan bagi masyarakat di desa Balecatur, kecamatan Gamping.Kegiatan tersebut diantaranya adalah pelatihan menjahit bagi ibu-ibu, serta pelayanan akta kelahiran, KK dan KTP gratis bagi warga.Kegiatan ini disambut antusias karena member dampak jangka panjang dalam berbagai aspek seperti peningkatan taraf hidup dan pelestarian lingkungan. (her)

 

Loading...
Loading...