HARI INI SEJARAH

PM Sutan Sjahrir Bentuk Brigade Mobil

Rabu | 14 November 2018 | 1:37
brimob

MEDIAKEPRI.CO.ID – Brimob pertama-tama terbentuk dengan nama Tokubetsu Keisatsutai atau Pasukan Polisi Istimewa. Kesatuan ini pada mulanya diberikan tugas untuk melucuti senjata tentara Jepang, melindungi kepala negara, dan mempertahankan ibukota.

Brimob awalnya turut berjuang dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Pada 14 November 1946, Perdana Menteri Sutan Sjahrir membentuk Mobile Brigade (Mobrig) atau Brigade Mobil (Brimob) sebagai ganti Pasukan Polisi Istimewa.

Hari Diabetes Internasional

Hari Diabetes Sedunia adalah sebuah kampanye kesadaran diabetes terbesar di dunia yang menjangkau khalayak global ;ebih dari 1 miliar orang di lebih dari 160 negara. Pada tahun 1991, IDF dan Organisasi Kesehatan Dunia menciptakan hari diabetes sedunia sebagai tanggapan atas meningkatnya kekhawatiran tentang meningkatnya ancaman kesehatan yang ditimbulkan oleh diabetes.

Hari diabetes sedunia menjadi hari Perserikatan Bangsa-Bangsa yang diresmikan di tahun 2006 dengan berlakunya United Nation Resolution 61/225.

Lahirnya Pemimpin Besar India

129 tahun yang lalu, Jawaharlal Nehru, salah satu pemimpin besar perjuangan rakyat India dalam melawan penjajahan Inggris, terlahir ke dunia di kota Allahabad, India utara.

Nehru adalah lulusan pendidikan tinggi di bidang hukum dan dengan menjadi anggota gerakan Kebangitan Nasional India, dia memulai perjuangannya melawan penjajahan Inggris. Akibat aktivitasnya itu, Nehru berkali-kali dipenjarakan. Selama di penjara, Nehru melahirkan karya berjudul “Hidupku”, “Meninjau Sejarah Dunia”, dan “Penemuan India”.

Setelah bergabungnya Mahatma Gandhi dalam Kebangitan Nasional India, gerakan perjuangan rakyat India semakin kuat dengan dipimpin oleh kedua pemimpin besar itu. Akhirnya, pada bulan Agustus 1947, India meraih kemerdekaannya. Setelah India merdeka, selama 16 tahun Nehru menjabat sebagai Perdana Menteri India. Nehru meninggal pada tahun 1960. (***)

Editor :