Jumat | 01 Juli 2022 |
×

Pencarian

BAKTI TNI-Polri

Arti TMMD Bagi Masyarakat Balecatur

Asman Abnur

MEDIAKEPRI.CO.ID, Sleman – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang sudah berlangsung beberapa tahun lalu tentunya sudah banyak berdampak positif dalam perkembangan dan pembangunan terutama di perdesaan.Prasarana dan sarana fisik nampak telah terjadi perubahan yang cukup berarti.Ini berkat pelaksanaan program TMMD yang dilakukan secara terencana, terkoordinasi dengan pemerintah daerah dan bekerjasama dengan masyarakat sehingga akselerasi (percepatan) pembangunan di daerah terpacu secara berkelanjutan.

Sebagaimana dilihat esensinya, bahwa pembangunan disini dimaksudkan sebagai proses perubahan terencana (the process of palanned change), dengan asumsi terjadi perubahan terencana sesuai apa yang diharapkan. Pembangunan sebagai proses perubahan yang mulidimensional bertujuan untuk mencapai kesejahteraan rakyat. Kesejahteraan dalam artian lahir dan batin tentunya.

Kehadiran TMMD yang mempunyai tujuan pembangunan fisik dan non-fisik di lokasi yang telah direncana di berbagai daerah yang telah dan ditetapkan lokasi dan sasaran nampaknya sejalan dengan apa yang telah direncanakan di setiap daerah .

Seperti telah diberitakan bahwa: TNI Manunggal Membangun Desa Reguler Ke-103 Tahun 2018 di Kodim 0732/Sleman dengan sasaran Dusun Temuwuh Kidul, Desa Balecatur, Kecamatan Gamping ini membangun talut dan cor bahu jalan sepanjang 1000 meter, mengerahkan tenaga sebanyak 145 orang setiap hari, yang terdiri dari personel Kodim, Polres Sleman, TNI AU, AL, Linmas, tagana serta masyarakat.

Menurut Perwira Seksi Teritorial Kodim 0732/Sleman Kapten Inf Nugroho dalam laporannya mengatakan, selain kegiatan fisik, TMMD Reguler Ke-103 Kodim 0732/Sleman juga ada kegiatan nonfisik di antaranya penyuluhan pendidikan bela negara, bidang penanganan kamtibmas dan narkoba, bidang penanggulangan terorisme.

Ditambahkan pula, TMMD bukan semata membangun sarana fisik bagi masyarakat desa, tapi dalam TMMD juga membangunkan semangat dan percaya diri masyarakat agar mampu mengelola potensi yang dimiliki serta kesiapsiagaan menghadapi setiap ancaman dan tantangan yang sedang dan akan kita hadapi, Kita ingin rakyat semakin sejahtera dan mandiri. (Zhoel)