Senin | 23 November 2020 |
×

Pencarian

BATAM

Kenduri Seni Melayu  ke-20 Tranding Topic Urutan Ketiga

kenduri seni melayu

MEDIAKEPRI.CO.ID, Batam –  Kenduri Seni Melayu (KSM) Ke 20 Tahun 2018 resmi dibuka H Muhammad Rudi Walikota Batam bersama Forum Kordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) Kota Batam, Kamis, 1 November 2018 di Dataran Engku Puteri.

Kenduri Seni Melayu merupakakan kenduri seni melayu serumpun yang berisisi pentas seni budaya, sastra, dan pertunjukan seni melayu yang diikuti dari berbagai provinsi dan Negara negara rumpun Melayu, seperti Malaysia, Singapura, Vietnam, Brunai Darusalam, Thailand, Jerman, India dan Cina. KSM 2018 yang berlangsung empat hari, Kamis-Sabtu (1 November – 3 November 2018)

Loading...
kenduri seni melayu

Kenduri Seni Melayu Tahun 2018 juga diisi festifasl 1000 Gasing yang dimainkan anak anak Se Kota Batam di Jalan Engku Puteri Batam Center

Kementerian  Pariwisata, yang diwakili oleh Staf Ahli Menteri Bidang Multikultural, Esthy Reko Astuti mengucapkan terimakasih atas terlaksananya KSM ke-20 Tahun 2018. Ia mengatakan KSM merupakan salah satu kalender of event pariwisata Kota Batam yang masuk ke delam kalender event nasional dari Provinsi Kepri. Yang membuatnya bangga adalah KSM menjadi tranding topic yang dibahas melalui twitter dan sudah berada di urutan ketiga.

kenduri seni melayu

Penampilan seni drama Mak Yong dari Pulau Panjang Batam pada KSM Tahun 2018.

“KSM ini sangat luar biasa karena dari enam kalender wisata di Kepri salah satunya KSM berhasil masuk menjadi tranding topic pesona wisata Indonesia. Untuk masuk kalender event ini seleksinya cukup selektif, karena di sana ada budayawan, media, dan enam curator nasional,” sebutnya.

Walikota Batam, Muhammad Rudi dalam sambutannya mengucapkan melalui acara ini diharapkan dapat meningkatkan semangat kebudayaan melayu di Batam. Ia mengatakan Pemko Batam bersama DPRD Kota Batam telah sepakat untuk menghidupkan pariwisata di Kota Batam.

kenduri seni melayu

Iyet Bustami menyemarakkan Pembukaan KSM 2018 di Dataran Engku Puteri Batam Center.

“Wisata akan menjadi hidup, ibarat rumah jika didandani tentu orang rajin datang. Kalau kota cantik orang akan datang, datang bukan hanya karena event tapi karena melihat keindahan kota. Jika allah mengizinkan pada 2025 seluruh jalan utama dan jalan lingkungan di Batam akan selesai dikerjakan,” sebut Rudi.

Loading...

Ke depan Rudi ingin pariwisata tidak hanya di kota atau di sekitar Nagoya saja, namun sampai ke tingkat kecamatan yang dikunjungi oleh wisatawan. Batam katanya juga menyiapkan wisata religi dengan dibangunnya Masjid Agung Sultan Riayat Syah di Batuaji dan akan dipugarnya Masjid Agung Batamcentre. Harapannya kunjungan wisata religi bisa hidup.

kenduri seni melayu

Walikota Batam H Muhammad Rudi Foto bersama Delegasi tari dari negara tetangga China, Thailand dan India.

Malam pembukaan KSM ke-20 Tahun 2019 dimeriahkan oleh penampilan artis Ibukota Iyeth Bustami yang membawakan salah satu lagu hitsnya Zapin, Tanjung Katung dan Laksmana Raja Dilaut.

Wakil Walikota Batam, Amsakar Achmad saat menutup KSM 2018, Ssabtu (3/11) menyampaikan terima kasih kepada delegasi baik dalam maupun luar negeri yang telah semarakkan jalannya KSM sempena Hari Jadi Batam ke-189 ini.

kenduri seni melayu

Walikota dan Wakil Walikota Batam Foto bersama pendukung acara dari delegasi Dalam dan Luar Negeri

“Terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada seluruh delegasi pekerja seni dan penikmat seni. Karena telah menyuguhkan hidangan seni terbaik untuk menghibur pengunjung dan masyarakat di sini. Mudah-mudahan ke depan membawa delegasi lebih banyak lagi, dua, tiga kali lipat lagi. Kami mengundang untuk hadir kembali di KSM 2019 mendatang,” ujarnya.

kenduri seni melayu

Penampilan Tari Persembahan pada Pembukaan KSM ke 20 Tahun 2018 di Dataran Engku Putri Batam Center.

Amsakar berharap semoga kehadiran para delegasi dari berbagai belahan dunia dan belahan negeri ini bisa kembali merajut romantisme sejarah bahwa melayu terbentang luas di nusantara, hingga ke negeri seberang. Bahkan sampai Filipina hingga ke benua Afrika sana. (humas)

Loading...
Loading...