Senin | 30 November 2020 |
×

Pencarian

BAKTI TNI-Polri

Tarian Tradisional Khas Rembang di Upacara Penutupan TMMD

smkn 2 batam

MEDIAKEPRI.CO.ID, Rembang – Kalau mau berbicara tentang kesenian tradisional yang ada di Indonesia memang nggak ada habisnya. Dalam seni tari, Jawa Tengah memiliki banyak sekali kesenian tradisional. Salah satunya adalah kesenian tari orek-orek yang memang asli berasal dari Rembang Jawa Tengah.Selasa, 13 November 2018

Tari orek-orek ini adalah kesenian tradisional berupa tari pergaulan yang merupakan perpaduan tari dan nyanyian dengan penyajian yang harmonis dan mempunyai ciri khas tertentu. Ciri khasnya antara lain memiliki gerak yang sederhana, iringan yang komunikatif, dan bentuk penampilannya luwes sesuai dengan kebutuhan yang akan di tampilkan.

Loading...

Inilah yang kemudian menjadikan tarian ini menarik dan mudah untuk dipelajari, disajikan, dan diterima oleh segenap lapisan masyarakat. awalnya tari orek-orek ini merupakan kesenian sakral yang hanya dipentaskan pada acara-acara resmi.

Sebut saja sedekah laut dan sedekah desa sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas keberhasilan dalam mencari ikan, bertani atau bercocok tanam dan lain-lain. Tapi dalam perkembangannya orek-orek lalu berubah fungsinya, walaupun nggak meninggalkan ciri dan corak aslinya. Kini kamu bisa menyaksikan tari orek-orek yang dipentaskan di acara hajatan, hiburan hingga acara-acara resmi pemerintah daerah.termasuk dalam hajatan besar Upacara Penutupan TMMD Reguler ke 103 tahun Kodim 0720/Rembang.

Bersifat tarian rakyat, bentuk penyajian tari orek-orek ini bisa tunggal, pasangan maupun massal sesuai kebutuhan. Namun biasanya penarinya terdiri atas putri-putra yang berjumlah 4-10 orang penari.

Selain itu dalam tariannya mereka mengikuti pola atau bentuk teater. Jadi, bisa dibilang tari orek-orek ini merupakan tontonan dengan unsur hiburan yang lengkap.

Loading...

Mulai dari musik, gerak tari, drama dan nyanyian dengan pesan yang disampaikan melalui tembang.seperti yang di tampilkan oleh siswa dan siswi SMA N 1 sulang pada saat mengiringi Danrem 073/Makutarama Kolonel Arm Moch Erwansjah S.I.P MM beserta rombongan untuk menuju ke mimbar kehormatan pada saat Pelaksanaan Upacara Penutupan TMMD di lapangan Sepakbola Desa Kemadu Sulang Kabupaten Rembang Jawa Tengah.(0720)

Loading...
Loading...