Sabtu | 16 Januari 2021 |
×

Pencarian

PENDIDIKAN KESEHATAN

Benarkah Diabetes Bisa Sebabkan TBC Sampai Kebutaan?

wisata religi

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Masalah yang besar di Indonesia saat ini ada pada diabetes melitus. Pravelensi jumlah pengidapnya terus meningkat terutama di Jakarta. Namun persoalannya bukan hanya ada di dalam diabetes saja, melainkan terkait dengan komplikasi yang ditimbulkan dari penyakit satu ini.

Dengan Satu Tarikan Nafas, Daus Mini Sukses Ucapkan Ijab Kabul.. SAH!!!

Loading...

Wanita Cantik Ini Rela Dimadu, Alasannya Mak Jlebb!!

Turis Milenial Lebih Luas Eksplorasi Destinasi Unggulan Bersama Wings Air

Menurut dokter spesialis penyakit dalam RSCM, dr Dicky Levenus Tahapary, SpPD, PhD, perlu diwaspadai karena penderita diabetes sangat rentan terinfeksi tuberculosis (TB atau TBC). Hal ini terjadi akibat respons kekebalan tubuh penderita diabetes yang menurun.

Baca Sebelum Membeli, 5 Kandungan Skincare Ini BIsa Bikin Wajah Jadi Rusak!

Loading...

Baru Diluncurkan Mobil SUV Lamborghini di Indonesia, Langsung Ada yang Beli Loh

Memilukan, Berjam-jam Jalan Kaki Sambil Gendong Bayinya, Sampai Rumah Sakit Bayinya Sudah Tak Bernyawa, Ini yang Terjadi

“Ternyata penyakit tuberculosis ini juga memicu peradangan kronis yang membut gula darah menjadi naik, sehingga saling berkaitan antara diabetes dan tuberculosis,” jelas dr Dicky saat ditemui detikHealth di Kawasan Monas, Jakarta Pusat, Ahad, 9 Desember 2018

Kesehatan Itu Mahal Harganya, Wasir Bisa Jadi Gejala Kanker Usus Besar, Kenali Tandanya

Rutin Mengkonsumsi 7 Buah Ini untuk Mendapatkan Perut Ramping dan Sehat

Dunia Sastra Berduka, Usai Terapi Nh Dini Alami Kecelakaan dan Meninggal Dunia

Bahkan dr Dicky pun mengatakan bahwa terkait masalah komplikasi diabetes itu ada dua yaitu dalam pembuluh darah besar dan pembuluh darah kecil.

“Dalam pembuluh darah kecil, penderita diabetes punta dapat menyebabkan kebutaan tertinggi di Indonesia. Sedangkan di pembuluh darah kecil rentan terhadap gangguan saraf, baik pada saraf kaki maupun mata. Bahkan pada bagian pembuluh darah besar, rentan terhadap kerusakan ginjal, bahkan ada yang sampai harus cuci darah,serangan jantung, stroke, serta gangguan pembuluh darah di bagian kaki,” jelas dr Dicky.

Dalam upaya mengurangi angka pravelensi diabetes yang terus meningkat, dr Dicky mengatakan bahwa terapkanlah gaya hidup yang sehat serta lakukan pemeriksaan dan skrining rutin sedini mungkin. (***)

sumber: detik.com

Loading...
Loading...