Selasa | 15 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Natuna

HEADLINE

Disdukcapil Natuna Bumi Hanguskan Ribuan e-KTP

Sabtu | 15 Desember 2018 | 1:36
e=KTP dimusnahkan

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Menteri Dalam Negeri mengeluarkan surat edaran (SE) untuk seluruh bupati/wali kota. SE bernomor 470.13/11176/SJ tanggal 13 Desember 2018 berisi tentang penatausahaan e-KTP rusak.

Instruksi tersebut di respon cepat Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Natuna, Jumat, 14 Desember 2018, dilakukan pemusnahan  8.330 keping KTP elektronik (e-KTP) rusak dan invalid.

“Sesuai arahan Kemendagri, pemusnahannya dilakukan dengan cara di bakar. Namun sebelumnya sudah kita musnahkan dengan cara digunting,” ujar Ilham Kauli, Kepala Disdukcapil Natuna.

Pemusnahan e-KTP yang dilakukan di halaman belakang Kantor Disdukcapil Natuna ini, disaksikan langsung oleh pihak Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), para pegawai Disdukcapil dan Masyarakat Natuna.

Kata Ilham Kauli, pemusnahan ini dilakukan dalam rangka tertib administrasi dan sebagai upaya peningkatan kualitas pelayanan, kewaspadaan dalam sistem administrasi kependudukan serta untuk menghindari penyalahgunaan terhadap e-KTP yang rusak atau invalid.

“Takutnya ada oknum yang tak bertanggungjawab, yang menyalah gunakan adanya ribuan KTP rusak ini. Kalau dipakai untuk Pemilu legislatif, dapat berapa kursi ini,” candanya.

Menurut Ilham Kauli, Ribuan e-KTP yang dimusnahkan telah lama tersimpan di kantor Disdukcapil Natuna. E-KTP ini terkumpul dari berbagai faktor, antara lain, kerusakan blanko, perpindahan daerah, perubahan status perkawinan dan karena pemiliknya telah meninggal dunia. atau sebaliknya, ada yang salah dalam penulisan nama dan ada juga yang pemiliknya sudah meninggal. (alfian)

Editor :