Senin | 21 Oktober 2019 |
×

Pencarian

Kandidatku tuk Bupati dan Wakil Bupati Natuna

HEADLINE

Hussyaini Ingin Putera Daerah ‘Unjuk Gigi’ di Dunia Kerja

Kamis | 13 Desember 2018 | 23:54
tenaga kerja

MEDIAKEPRI.CO.ID, Natuna – Dua tahun sudah Hussyaini, menjabat Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Natuna. Berbagai cara dilakukannya, agar putera daerah Natuna bisa “unjuk gigi” dalam dunia kerja.

Mulai tahun 2017, Hussyaini mulai menjajaki kerjasama dengan Balai Latihan Kerja (BLK) dari berbagai daerah. Hasilnya dalam workshop perhotelan yang digelar BLK Daerah Kota Padang, Disnakertrans Natuna berhasil Mengirim 7 orang peserta.

Tak sampai disitu, pada tahun 2018 Natuna kembali mendapatkan paket pelatihan kerja dari BLK Padang. Bahkan Natuna tak perlu lagi mengirim peserta ke luar daerah, karena instruktur pelatihan didatangkan ke natuna.

” Paket workshop atau pelatihan kerja tersebut, meliputi pelatihan las dan otomotif roda dua. Semua biaya ditanggung mereka, kita cuma menyediakan peserta, tempat dan sarana latihan saja, instruktur dan bahan mereka sediakan,” terang Hussyaini, di kantornya, Senin, 11 Desember 2018.

Menurut Hussyaini, 16 orang peserta pelatihan diambil dari setiap kecamatan yang berada di pulau bunguran besar dan pulau tiga. Namun tahun depan, rencananya akan merambah ke kecamatan di pulau-pulau terluar natuna, seperti serasan, midai, subi dan pulau laut.

” Tahun depan rencananya kita kembali mendapatkan pelatihan yang sama, dari BLK Padang, sebanyak 8 paket. Yang meliputi pelatihan menjahit, las, otomotif dan listrik,” beber Hussyaini.

Lanjut Hussyaini, Selain mendapat keterampilan, para peserta juga mendapatkan sertifikat penyelenggara dari BLK Padang, namun, untuk mendapatkan sertifikat kompetensi, peserta harus melalui ujian yang di gelar pada akhir pelatihan.

” Peserta yang sudah ikut pelatihan ini tidak bisa ikut dua kali. Namun, kita akan tetap memonitor perkembangan mereka, karena kan kita punya data dirinya,” ujarnya.

Mantan Kepala Bagian Umum Setda Natuna ini pun berharap, para peserta bisa memanfaatkan pelatihan yang diberikan penuh dengan semangat. Karena menurutnya, upaya tersebut dilakukan pemerintah daerah untuk meningkatkan daya saing putera daerah, dalam kerasnya persaingan dunia kerja. (alfian)

Editor :