Rabu | 20 Januari 2021 |
×

Pencarian

TEKNOLOGI

Ini Efeknya pada Mesin Kendaraan Anda Jika Sering Gonta-ganti BBM

MEDIAKEPRI.CO.ID, Jakarta – Otolovers, pernah punya pengalaman menggonta-ganti Bahan Bakar Minyak untuk kendaraan Anda? Misalnya kalau Otolovers biasa menggunakan BBM non subsidi yang notabene harganya lebih mahal dan berubah-ubah seperti Pertamax Cs kemudian menggantinya dengan bensin berkadar oktan lebih rendah.

Alasannya, mengisi BBM disesuaikan dengan kantong masing-masing pemilik mobil.

Loading...

BERITA TERKAIT

Api dengan Cepat Melahap Minibus saat Isi BBM, Sopir Luka Parah dan Mengakibatkan Kerugian Ratusan Juta Rupiah

Astaga, Tangki BBM Dibuka, Lalu Membakarnya, Rasa Cemburu Pria Ini Mengantarkannya Ke Jeruji Besi

Lagi Usaha Kendalikan Situasi Harga BBM Pertalite, Eh Pertamina Malah Menaikan untuk Kedua Kali Sejak Awal Tahun 2018

Loading...

Pabrikan sendiri sebenarnya sudah merekomendasikan jenis BBM apa yang sesuai dengan kendaraan Anda dan sebaiknya tidak diganti demi memberikan performa mesin yang maksimal.

Salah satu efek yang ditimbulkan kalau keseringan menggonta-ganti BBM adalah mesin mengelitik. Efek knocking sendiri terjadi kalau pergantian BBM yang dilakukan memiliki kadar oktan berselisih cukup jauh.

GOOOLL.. PSIS Semarang Berhasil Menaklukkan Persipura Jayapura dari Dua Gol Bruno Silve

Tak Ingin Acara Pernikahannya Kacau, Ge Pamungkas Tak Undang Mantan Kekasihnya

Ini Alasan Hari AIDS Sedunia Diperingati dan Ini Saran Menteri Kesehatan

Contohnya biasa mengisi BBM beroktan 92, 98, kemudian mengganti dengan oktan 88. Lantas apa akibatnya jika mobil knocking terus-terus mengelitik dan didiamkan?

“Ini sih jarang kejadian ya, paling beberapa aja kalau knocking terus bisa rusak. Intinya paling terasa itu ya tarikannya kurang lah, kalau knocking sendiri nggak ada efek kerusakan parah cuma kan mengganggu aja,” tutur Technical Service Executive Coordinator PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Anjar Rosjadi.

Mewakili Unsur Wartawan, Unsur Perusahaan Pers, dan Tokoh Masyarakat, Ini 9 Nama Anggota Dewan Pers 2019-2022 Terpilih

Peserta Reuni 212 Manfaatkan Waktu untuk Berolahraga Bareng Keluarga di Kawasan Monas

Admin Libra, Kamu Apa? Yuk Intip Ramalan Zodiakmu Sabtu 1 Desember 2018

Penggunaan BBM yang sesuai dengan rekomendasi pabrikan ini memang dianjurkan untuk diikuti. Dengan begitu para pengendara bisa merasakan performa mesin serta tenaga yang diinginkan.

Baru-baru ini juga Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut pemilik kendaraan yang tak mengisi BBM sesuai dengan anjuran pabrikan, bisa membuat garansi mobil hangus.

“Setahu kami aturannya memang seharusnya demikian. Kalau ada kerusakan yang disebabkan penggunaan bahan bakar tidak sesuai standar, maka di luar garansi,” kata Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi. (***)

sumber: detik.com

Loading...
Loading...